Rizal Ramli: Ada yang Asal Bapak Senang soal Listrik 35 Ribu MW

Selasa, 31 Mei 2016 - 12:21 WIB
Rizal Ramli: Ada yang Asal Bapak Senang soal Listrik 35 Ribu MW
Rizal Ramli: Ada yang Asal Bapak Senang soal Listrik 35 Ribu MW
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli sejak awal menegaskan bahwa proyek pembangunan listrik 35 ribu megawatt (MW) kurang realistis. Dia melihat banyak pihak yang memaksakan sehingga terkesan asal bapak (Presiden Joko Widodo) senang.

Rizal bercerita, sejak dia ditetapkan sebagai Menko Kemaritiman, dia meminta proyek tersebut dievaluasi. Namun, ketika itu langsung terjadi keributan.

"Pada saat Sertijab, kami memanng minta supaya proyek listrik 35 ribu MW dievaluasi. Waktu itu langsung heboh, ramai. Karena setelah kami pelajari, target ini kurang realistis. Tapi masih banyak yang memaksakan ini berjalan. Yang penting asal bapak senang. Mereka beri harapan dan target berlebihan," kata Rizal ketik Rapat Koordinasi di Gedug Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jkarta, Selasa (31/5/2016).

Rizal mengatakan, paling banter target tersebut bisa terealisasi sekitar 17-18 ribu MW. Jika itu bisa dicapai dalam waktu lima tahun pemerintahan Jokowi, maka itu dapat dikatakan sebagai prestasi luar biasa.

"Paling banter kita bisa bangun 17-18 ribu MW. Kalau itu bisa dilakukan dalam lima tahun itu prestasi luar biasa. Karena, 10 tahun pemerintahan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) hanya mampu membangun 10.200 MW kalau tidak salah," kata dia.

Presiden pun, kata Rizal, memang percaya dengan target listrik ini namun setelah diskusi panjang, akhirnya Jokowi mengatakan, bahwa target harus dilakukan seoptimal mungkin.

"Pak Presiden tadinya percaya bahwa 35 ribu ini masuk akal tapi setelah diskusi lama dengan kami, ini target mungkin harus kita lakukan seoptimal mungkin. Banyak kendala untuk capai itu‎," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6045 seconds (0.1#10.140)