Ewindo Gandeng Super Indo Perluas Pasokan

Selasa, 21 Juni 2016 - 06:12 WIB
Ewindo Gandeng Super Indo Perluas Pasokan
Ewindo Gandeng Super Indo Perluas Pasokan
A A A
JAKARTA - Produsen benih PT East West Seed Indonesia (Ewindo) memperluas pasokan dengan menggandeng pasar modern Super Indo. Managing Director Ewindo, Glenn Pardede mengatakan pihaknya menggandeng pasar modern dalam hal ini Super Indo dalam rangka memotong distribusi dari petani kepada konsumen, sehingga petani tidak lagi bergantung kepada tengkulak.

"Kami akan terus membina petani agar produksi sayuran yang mereka tanam tetap sesuai standar sehingga layak untuk dipasok ke supermarket," jelas Glenn di Jakarta, Senin (20/6/2016).

Ewindo selama ini menjadi pendamping dan mitra petani di kawasan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. "Hasil bumi yang kami pasok ke pasar-pasar modern merupakan tanaman sayuran daun yang benihnya diproduksi oleh Ewindo. Semua itu dihargai lebih tinggi di pasar modern dibanding jika dijual kepada tengkulak," kata Ketua Kelompok Tani Podomoro Teluk Naga, Suratman.

Suratman mengaku mendapat keuntungan lebih besar karena berapa pun produk pertanian yang dipasok pasti akan dibeli. Berbeda jika berhubungan dengan tengkulak dimana pada saat panen raya sayuran, tidak jarang petani kesulitan untuk menjual produknya.

"Selisih harganya lumayan, antara Rp500 sampai Rp700, hal ini yang membuat kami semangat untuk menjalin kerja sama," kata Suratman. Dia mengaku bersama-sama dengan enam petani sayur di kawasan tersebut telah memasok 1.500 sampai 2.000 ikat sayuran setiap harinya (sekitar 250 gram per ikatnya).

Untuk kelangsungan pasokannya, Suratman optimistis tidak akan mengalami kendala. Pasalnya, kelompok taninya memiliki lahan seluas 26 hektar yang merupakan pertanian irigasi yang mendapat pasokan air dari sungai Cisadane sehingga tidak khawatir akan kering saat kemarau.

Disamping itu, jelas Suratman, pihaknya juga secara berkala mendapat dukungan dari Ewindo terutama untuk bercocok tanam yang modern, efektif dan aman, sehingga lahannya dapat terus berproduksi secara optimal.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8958 seconds (0.1#10.140)