Soal Terminal 3 Ultimate, Wantimpres Beri Saran Kemenhub-AP II

Selasa, 28 Juni 2016 - 15:21 WIB
Soal Terminal 3 Ultimate, Wantimpres Beri Saran Kemenhub-AP II
Soal Terminal 3 Ultimate, Wantimpres Beri Saran Kemenhub-AP II
A A A
TANGERANG - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) memberikan masukan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Angkasa Pura II terkait Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini disampaikan salah satu anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto saat mengunjungi Terminal 3 Ultimate Siang hari ini.

(Baca Juga: Rizal Ramli Minta Jonan Verifikasi Ulang Terminal 3 Ultimate)

Saat mengelilingi terminal 3 ultimate yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing Changi Airport, Singapura, Sidarto menyatakan bangga karena akhirnya bandara di Indonesia tidak kalah bagus dan megah dengan bandara yang ada di Negara lain.

“Kalau Soekarno dan Hatta masih ada, saya yakin mereka akan sangat bangga melihat ini. Kesiapannya sudah optimal, perintah Pak Presiden supaya tidak ewaste (tidak buang waktu). Apalagi terminal satu dan dua sudah tidak bisa menampung penumpang,” ujarnya saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (28/6/2016).

(Baca Juga: Jonan Pastikan Terminal 3 Ultimate Tak Bisa Buat Mudik Lebaran)

Dia menambahkan dirinya tidak izin ke Presiden untuk meninjau, tetapi dia mayakini Istana menginginkan agar Terminal 3 Ultimate segera dioperasikan. Bahkan menurutnya sudah sepantasnya terminal baru itu menjadi hadiah lebaran tahun ini dari pemerintah kepada rakyat.

Meski masih ada kekurangan, namun lanjut dia prinsipnya bisa dilakukan bertahap. Terutama pada apron Terminal 3 Ultimate karena sebagian pesawat sudah menggunakan untuk menaikan dan menurunkan penumpang yang diantar dan dijemput dengan bus.

“Saya ingin Kemenhub dan PT Angkasa Pura 2 mendahulukan kepentingan rakyat, jangan soal kecil dijadikan persoalan terus,” tegasnya.

Sementara itu sebelumnya Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan verifikasi ulang Terminal 3 Ultimate setelah gagal beroperasi pada Lebaran tahun ini.

"Saya minta verifikasi ulang. Presiden kan maunya ini bisa digunakan untuk mudik Lebaran, memang ada beberapa yang harus diperbaiki, makanya rencana sementara baru lima rute tujuan penerbangan ke Solo, Semarang, Jogja dan kota di luar Jawa," terang dia.

Menjawab hal tersebut Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan memastikan Terminal 3 Ultimate tidak bisa digunakan untuk memperlancar arus mudik saat Lebaran tahun ini. "Enggak bisa (Terminal 3 Ultimate dioperasikan Lebaran). Banyak yang harus dipenuhi, kecuali misalnya AP II itu bisa memenuhi semua sekarang," tegas Jonan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6386 seconds (0.1#10.140)