Manfaat Program Magang bagi Calon Tenaga Kerja

Sabtu, 30 Juli 2016 - 23:01 WIB
Manfaat Program Magang bagi Calon Tenaga Kerja
Manfaat Program Magang bagi Calon Tenaga Kerja
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengemukakan, program magang yang dicetuskan pemerintah sangat penting untuk memberikan pengalaman yang sifatnya langsung kepada calon tenaga kerja. Selama di sana kompetensi, keterampilan (skill), dan pengetahuan mereka akan terasah.

Menurutnya, hal ini untuk mendorong percepatan kompetensi tenaga kerja sehingga gap antara supply dan demand dari sisi skill pekerja bisa terpenuhi. Selain itu, kebutuhan dari industri untuk tumbuh dan berkembang dengan tingkat produktivitas tenaga kerja akan meningkat.

“Kita butuh dukungan dari perusahaan-perusahaan agar bisa memagangkan pekerja baik di dalam maupun luar negeri di berbagai sektor, seperti di Jepang, Autralia, dan sejumlah negara lain,” ujar Hanif, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/7/2016).

Hanif menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim khusus dalam menangani program pemagangan nasional yang sistematis dengan melibatkan Kadin, Apindo, dan manajemen perusahaan untuk merumuskan sistem. Tujuannya agar prohtam pemagangan ini benar-benar bisa menjadi media peningkatan keterampilan dan kompetensi kerja yang lebih baik.

“Tapi sangan sampai magangnya gak bermutu. Oleh karena itu nantinya jabatannya apa, pekerjaannya apa harus jelas," katanya.

Menurut Hanif, magang yang bermutu tersebut bisa menyesuaikan minat calon tenaga kerja dengan pilihannya ketika masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Diharapkan setelah selesai magang, mereka dapat menggunakan kompetensi sesuai dengan jabatannya.

"Misal magang sebagai teknisi, sebagai supervisor atau jabatan serta posisi tertentu maka nantinya setelah selesai magang, mereka benar-benar memiliki kompetensi, keterampilan yang bisa disertifikasi,” pungkas Hanif.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5971 seconds (0.1#10.140)