Kunjungi Keraton Yogyakarta, Kaisar Jepang Tersanjung Disambut Keluarga Besar Sri Sultan HB X

Kamis, 22 Juni 2023 - 01:34 WIB
loading...
Kunjungi Keraton Yogyakarta, Kaisar Jepang Tersanjung Disambut Keluarga Besar Sri Sultan HB X
Juru bicara Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro saat memberikan keterangan pers tentang kunjungan Kaisar Jepang, Naruhito di Yogyakarta. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Berkunjung ke Keraton Yogyakarta, menghadirkan kesan tersendiri bagi Kaisar Jepang, Naruhito. Dia mengaku sangat terkesan dan tersanjung dengan sambutan dari keluarga besar Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Rabu (21/6/2023) malam.



Juru bicara Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro mengatakan, kaisar sangat kagum dan senang karena tidak hanya Sultan HB X yang menyambutnya, karena ada GKR Hemas termasuk juga lima puteri Sultan HB X, dan menantunya. "Kaisar bangga disambut keluarga besar Sultan HB X. Hal itu merupakan sambutan luar biasa," katanya.



Di Kraton Yogyakarta, lanjutnya, Sri Sultan HB X langsung mengajak kaisar untuk memperlihatkan dan menjelaskan pusaka di kraton. Setelah itu, langsung dilanjutkan dengan pertunjukkan tarian tradisional Jawa, dan kaisar sangat senang sekali menyaksikannya.



Kemudian mereka makan malam bersama dengan hidangan yang telah disiapkan oleh Sultan HB X, dan keluarga besar. Kaisar Jepang, dan semua delegasi makan bersama hidangan khas Jawa. Keduanya juga nampak akrab berbincang. "Makan malam dilaksanakan dalam suasana sangat ramah dan hangat," ujarnya.

Kaisar Jepang dan Sultan HB X membicarakan berbagai topik, diantaranya pertukaran kebudayaan, kerjasama Jepang dan Indonesia, pertukaran generasi muda dari kedua negara.

Sebelumnya, Kaisar Jepang menyempatkan diri mengunjungi Balai Tehnik Sabo, yang dibangun tahun 1960. Sabo adalah bantuan dari Jepang, kepada Indonesia dan yang menerima Kementrian PUPR.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)