Harga Minyak Turun Tertekan Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

Selasa, 18 Oktober 2016 - 07:54 WIB
Harga Minyak Turun Tertekan Kekhawatiran Kelebihan Pasokan
Harga Minyak Turun Tertekan Kekhawatiran Kelebihan Pasokan
A A A
NEW YORK - Harga minyak dunia melemah tertekan oleh kekhawatiran kelebihan pasokan, dengan lonjakan volume perdagangan mendorong harga di luar AS di bawah USD50 per barel, namun kerugian terbatas di tengah penurunan proyeksi produksi Shale Amerika.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/10/2016), harga minyak brent turun 43 sen atau 0,8% dari posisi terakhir ditutup pada level USD51,52 per barel, setelah mencapai sesi rendah USD51,16 per barel. Sementara, harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup pada level USD49,94 per barel, turun 41 sen atau 0,8% setelah mencapai sesi rendah USD49,47.

Perdagangan minyak di AS melonjak ke 12.932 barel selama menit 9:35 EDT (13.35 GMT), tertinggi sejak 13 Oktober, karena para pedagang menjual kontrak menjelang tanggal kadaluwarsa 20 Oktober. Harga naik sedikit di sore hari, seperti AS Administrasi Informasi Energi (EIA) menunjukkan produksi minyak serpih diperkirakan turun 30.000 barel per hari (BDP) pada November.

Para analis mengatakan para pedagang telah mengumpulkan sejumlah posisi panjang, dan sedang mencari untuk menjual menjelang tanggal kadaluwarsa kontrak mereka sebagai Commodity Futures Trading Commission AS membatasi jumlah mereka.

"Ada posisi panjang spekulatif bersih besar. Anda harus keluar dari posisi," kata Kyle Cooper, analis di ION Energy di Houston.

Data dari layanan monitoring energi Genscape menunjukkan imbang stok minyak mentah di hub penyimpanan di Cushing, Oklahoma. Namun para pedagang mengatakan WTI masih di bawah tekanan dari laporan pada Jumat oleh penyedia jasa minyak Baker Hughes, yang menunjukkan pengebor minyak AS menambahkan empat rig di pekan ke 14 pada Oktober.

Donald Morton di Herbert J. Sims & Co di Fairfield, Connecticut, mengatakan penurunan proyeksi produksi shale AS bertemu pasar hanya sedikit. "Itu bukan game changer untuk hari itu. Kami naik 25 sen per barel, hanya memberikan kembali untuk sebagian besar," kata dia.

Analis mengatakan bahwa pasar didukung oleh harapan bahwa anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan mengambil tindakan untuk mendukung harga akhir bulan depan, kelebihan pasokan terus membebani.

OPEC yang disepakati pada September untuk memotong pasokan antara 32,5 juta dan 33,0 juta barel per hari, dan mengharapkan untuk menyelesaikan rincian dari kesepakatan pada pertemuan di Wina pada 30 November

OPEC dipompa mencapai rekor 33.600.000 barel per hari pada September, dengan beberapa anggota memberian sinyal berencana kenaikan lebih lanjut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4342 seconds (0.1#10.140)