Putin: Afrika Punya Tempat yang Sah dalam Tentukan Nasib Dunia

Senin, 24 Juli 2023 - 14:48 WIB
loading...
Putin: Afrika Punya Tempat yang Sah dalam Tentukan Nasib Dunia
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia menyambut baik otoritas internasional yang meningkat dari masing-masing negara Afrika, serta benua secara keseluruhan, dan keinginan mereka membuat suara mereka didengar.

Presiden Rusia Vladimir Putin menjelaskan hal itu dalam artikel yang dirilis menjelang KTT Rusia-Afrika kedua dan Forum Ekonomi dan Kemanusiaan Rusia-Afrika di St Petersburg.

Dalam artikel yang ditulis Putin untuk outlet media besar Afrika dan dibagikan Kremlin pada Senin pagi (24/7/2023).

Presiden Rusia mengatakan, “Kemitraan Moskow dengan Afrika memiliki akar yang kuat dan dalam serta selalu dibedakan oleh stabilitas, kepercayaan, dan niat baik."

“Kami secara konsisten mendukung rakyat Afrika dalam perjuangan mereka untuk pembebasan dari penindasan kolonial. Kami telah memberikan bantuan dalam mengembangkan kenegaraan, memperkuat kedaulatan dan kemampuan pertahanan mereka,” tulis Putin.

Putin menjelaskan, “Moskow selalu berpegang pada prinsip solusi Afrika untuk masalah Afrika dan menghormati kedaulatan negara-negara Afrika, tradisi dan nilai-nilai mereka, keinginan mereka untuk menentukan nasib mereka sendiri secara mandiri dan membangun hubungan dengan mitra secara bebas."

“Kami tidak pernah mencoba memaksakan ide kami sendiri kepada mitra tentang struktur internal, bentuk dan metode manajemen, tujuan pengembangan, dan cara untuk mencapainya,” ujar Putin.



Pemimpin Rusia itu percaya Afrika "akhirnya akan membebaskan diri dari warisan pahit kolonialisme dan neo-kolonialisme" dan mengambil "tempat yang layak" di panggung dunia.

Dia berjanji mendukung keinginan mitra Afrika untuk "membuat suara mereka didengar dengan kuat dan menangani masalah benua itu ke tangan mereka sendiri."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0901 seconds (0.1#10.140)