AS Bikin Rencana Obrak-abrik Persahabatan China dengan Rusia, Ini Targetnya

Kamis, 25 April 2024 - 10:33 WIB
loading...
AS Bikin Rencana Obrak-abrik Persahabatan China dengan Rusia, Ini Targetnya
Seorang pria berjalan melewati gedung Peoples Bank of China (PBOC) di Beijing, China, 25 Desember 2023. Foto/Jiang Qiming /China News Service
A A A
JAKARTA - Anggota parlemen Amerika Serikat (AS) sedang merancang sanksi yang menargetkan bank-bank China untuk mengganggu kerja sama Beijing yang berkelanjutan dengan Rusia . Hal itu terungkap berdasarkan laporan Wall Street Journal (WSJ) mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Langkah-langkah baru tersebut dilaporkan bertujuan untuk memutus beberapa institusi keuangan China dari sistem keuangan global. Sanksi-sanksi yang dimaksud akan berfungsi sebagai pengaruh diplomatik untuk Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang akan mengunjungi China minggu ini.

Menurut sumber-sumber WSJ, Blinken berencana untuk menggunakan ancaman sanksi ini sebagai upaya terakhir jika dialog diplomatik gagal membujuk Beijing untuk mengekang ekspor terkait militer ke Rusia.



Dalam sebuah konferensi pers setelah pertemuan para menteri luar negeri G7 awal pekan ini, Blinken menyebut Tiongkok sebagai kontributor utama dalam operasi militer Rusia terhadap Kiev melalui penyediaan komponen-komponen penting untuk persenjataan.

"Kami melihat China berbagi peralatan mesin, semikonduktor, dan barang-barang penggunaan ganda lainnya yang telah membantu Rusia membangun kembali basis industri pertahanan," katanya dikutip dari Russia Today, Kamis (25/4/2024).

Pada Desember tahun lalu, Presiden AS Joe Biden mengeluarkan sebuah dekrit yang memungkinkan sanksi terhadap lembaga-lembaga keuangan asing yang terus berurusan dengan Rusia.

Keputusan ini menargetkan pemberi pinjaman di luar yurisdiksi AS dan Uni Eropa yang membantu Rusia mendapatkan barang-barang sensitif, yang dilaporkan mencakup semikonduktor, peralatan mesin, prekursor kimia, bantalan bola, dan sistem optik.

Keputusan ini telah mempengaruhi hubungan Rusia dengan bank-bank Cina sampai batas tertentu. Outlet berita Izvestia melaporkan pada bulan Februari bahwa beberapa bank Cina berhenti menerima pembayaran tertentu dari Rusia. Kemudian, Aleksey Potapov, wakil CEO MSP Bank Rusia, juga menyatakan bahwa beberapa bank China telah mulai menolak transaksi dari bank-bank Rusia.

Baca Juga: AS Diam-diam Kerahkan Rudal Canggih ATACMS ke Ukraina untuk Melawan Rusia

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengkonfirmasi bulan lalu bahwa masalah-masalah seperti itu memang ada, tetapi menegaskan bahwa masalah-masalah tersebut dapat diatasi dan tidak dapat menjadi penghalang bagi perkembangan lebih lanjut dari hubungan perdagangan dan ekonomi antara Rusia dan China.

Beijing telah mempertahankan kebijakan netralitas dalam konflik Ukraina, dengan para pejabat China berulang kali menyatakan bahwa negara ini tidak menjual senjata ke Rusia atau Ukraina. Awal bulan ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning menegaskan bahwa Tiongkok mengatur ekspor barang-barang penggunaan ganda sesuai dengan hukum dan peraturan, dan mendesak negara-negara yang relevan untuk tidak mencemari atau menyerang hubungan normal antara China dan Rusia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)