Pemerintah Perlu Mendorong Ekonomi Daerah

Rabu, 04 Januari 2017 - 13:16 WIB
Pemerintah Perlu Mendorong Ekonomi Daerah
Pemerintah Perlu Mendorong Ekonomi Daerah
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Politik dan Kebijakan Publik Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Mohammad Yamin Tawary mengatakan, ekonomi daerah harus dibangun agar Indonesia bisa segera menjadi negara maju.

"Banyak daerah yang kehidupan ekonominya tergantung pada pusat. Hanya sebagian kecil yang bisa mandiri, dapat Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup baik," ujar dia saat dihubungi di Jakarta.

Dia mengatakan, daerah harus dibangun agar pertumbuhan ekonomiannya bisa membaik. Menurutnya, permasalahan akan muncul ketika pusat tidak bisa mencukupi anggaran untuk daerah-daerah.

"Negara harus melihat permasalahan ini dengan cermat, sehingga tidak melahirkan masalah besar ke depannya," tuturnya.

Yamin mengungkapkan, harus ada penyusunan ulang strategi untuk mendorong daerah agar bisa mandiri secara ekonomi dan tidak bergantung pada pusat.
Selain itu, kebijakan pemerintah terhadap pasar bebas sehingga masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia harus dikaji ulang.

Sebab, ini akan membuat lapangan pekerjaan di daerah semakin minim. "Masuknya tenaga kerja asing merupakan kebijakan yang tidak sesuai dengan aspirasi rakyat karena di dalam negeri masih banyak pengangguran. Dalam negeri saja masih tidak dapat kerja, ini kenapa didatangkan tenaga kerja asing," terang dia.

Yamnin mengatakan, masuknya tenaga kerja asing menunjukkan tidak pekanya pemerintah terhadap masalah-masalah yang ada di dalam negeri. Perluasan lapangan kerja yang lamban juga menyulitkan masyarakat daerah untuk maju.

Masyarakat daerah akhirnya berbondong-bondong ke kota besar untuk mencari pekerjaan yang sudah sangat sedikit. "Aspirasi rakyat khususnya di daerah yang mendesak saat ini adalah lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan mereka," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1127 seconds (0.1#10.140)