OPEC Diragukan Jalankan Kesepakatan, Harga Minyak Naik Tipis

Sabtu, 07 Januari 2017 - 10:31 WIB
OPEC Diragukan Jalankan Kesepakatan, Harga Minyak Naik Tipis
OPEC Diragukan Jalankan Kesepakatan, Harga Minyak Naik Tipis
A A A
NEW YORK - Harga minyak dunia naik tipis, mengakhiri pekan yang lebih tinggi. Namun keuntungan yang terbatas oleh dolar AS (USD) yang kuat dan keraguan tentang apakah produsen OPEC akan tetap menjalankan kesepakatan untuk memangkas produksi.

Seperti dikutop dari Reuters, Sabtu (7/1/2017), pelaku pasar dikaitkan perdagangan berombak untuk posisi-mengkuadratkan pada akhir pekan dan volume yang rendah pada awal tahun ini.

Harga minyak Brent naik 21 sen ke level USD57,10 per barel, setelah diperdagangkan pada kisaran USD56,28-USD57,47 per barel. Kontrak membukukan keuntungan untuk pekan kedua berturut-turut.

Sementara, harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) mengakhiri sesi naik 23 sen ke level USD53,99 per barel, setelah bergerak antara USD53,32-USD54,32 per barel.

"Ada banyak volatilitas atau setidaknya ada arah perubahan. Orang-orang berpikir tren jangka panjang sudah habis, tapi setelah beberapa kali USD menguat, mereka mengambil keuntungan," kata ekonom senior bidang energi ABN Amro Hans van Cleef.

USD menguat secara luas setelah adanya laporan non-farm payrolls AS menunjukkan perekrutan lebih lambat pada Desember namun terjadi kenaikan upah, maka ada ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut dari Federal Reserve tahun ini.

Penguatan USD ini membuat harga minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Eksportir minyak mentah Arab Saudi dan sesama anggota Gulf Abu Dhabi dan Kuwait menunjukkan tanda-tanda mereka memotong produksi sejalan dengan kesepakatan anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen lainnya, namun pengamat pasar memiliki keraguan tentang kepatuhan keseluruhan.

Tanda-tanda bahwa produsen yang mengingkari komitmen mereka dapat menyebabkan sentimen untuk harga asam dan alasan untuk jatuh kembali lebih tajam, kata Capital Economics dalam sebuah catatannya.

Perusahaan energi AS pekan ini menambahkan rig minyak selama 10 sepekan berturut-turut, sehingga total jumlah rig mencapai 529.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8730 seconds (0.1#10.140)