Menpora: Pemuda harus punya jiwa kewirausahaan

Menpora Pemuda harus punya jiwa kewirausahaan
Menpora: Pemuda harus punya jiwa kewirausahaan
A+ A-
Sindonews.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menuturkan pihaknya tengah mengefektifkan program di kementeriannya untuk melatih pemuda agar memiliki jiwa wirausaha. Dia menginginkan agar generasi muda menjadi enterpreneurship. Untuk itu, semangat kewirasahaan harus dibangkitkan.

"Harus dibangkitkan jiwa yang berani mempekerjakan orang lain dan dirinya sendiri. Bukan yang tinggal siap bekerja," kata Andi saat menghadiri pengukuhan gelar doktor terhadap istrinya, Vitria Malarangeng di Kampus FEUI, Depok, Selasa (17/4/2012).

Saat ini pihaknya sedang merancang program usaha kepemudaaan. Dengan pengembangan UKM diharapkan mampu membangkitkan semangat pemuda untuk menjadi wirausaha. "Kami sedang merumuskan peraturan pemerintah tentang lembaga modal usaha untuk kepemudaan," katanya.

Kemenpora juga melakukan kerjasama dengan International Labour Organization (ILO) untuk memiliki pengetahuan tentang model akses pemodalan yang dimaksud.

Dikatakan Andi, yang terpenting adalah meningkatkan kesadaran pemuda untuk berwirausaha."UKM jangan hanya dikelompokkan begitu saja. Harus dilihat jenis usaha yang menjadi kesenangan anak muda," katanya.

Andi menambahkan, semangat yang juga perlu dipupuk adalah merubah sesuatu hal menjadi penghasilan. "Rumusan permodalan sedang dibuat. Harus bisa mengubah sesuatu menjadi income," tegas Andi. (ank)









dibaca 69x

REKOMENDASI :

Top