Sektor Riil

Menpera: pembangunan perumahan penting dalam perekonomian

Rabu,  3 Oktober 2012  −  17:17 WIB
Menpera: pembangunan perumahan penting dalam perekonomian
Ilustrasi

Sindonews.com - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengatakan, pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian nasional. Pasalnya, sektor tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.
 
“Program perumahan dan kawasan pemukiman berperan penting dalam sistem perekonomian nasional terkait dengan multiplier effect, baik terhadap penciptaan lapangan kerja maupun pendapatan nasional yang ditimbulkan oleh setiap investasi yang dilakukan di sektor perumahan,” kata Djan saat memberikan sambutan Peringatan Hari Perumahan Nasional 2012 di Kantor Kemenpera, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Djan menjelaskan, pemerintah terus berupaya mengajak seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan dan kawasan permukiman untuk menciptakan iklim yang kondusif di sektor pembangunan perumahan di Indonesia.

"Sebab, untuk menciptakan rumah yang layak huni dan harga yang terjangkau serta lingkungan yang sehat, aman dan harmonis tidak bisa hanya dilakukan sendiri oleh pemerintah tapi juga memerlukan peran aktif para mitra kerja dan masyarakat umum," jelasnya.

Kemenpera, imbuhnya, menyadari untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya melalui penyediaan rumah yang layak huni masih banyak menemui kendala. Untuk itu diperlukan upaya bersama dalam peningkatan peran dan optimalisasi kinerja pemerintah bersama para pemangku kepentingan bidang perumahan di Indonesia.

Menurutnya, pembangunan perumahan memerlukan dukungan para pelaku, pemerhati, akademisi dan sektor dunia usaha untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan dan program yang telah ditetapkan.

"Saya juga berharap lembaga penelitian dan akademisi di Indonesia bisa berkontribusi lebih melalui upaya mewujudkan inovasi baru dalam pembangunan rumah. Pihak swasta juga bisa berpartisipasi melalui pengalokasian dana CSR untuk mendukung pendanaan pembangunan rumah MBR,” tandasnya.




(rna)

views: 653x
shadow