Sektor Riil

2013, Pertamina bangun gedung tertinggi di Indonesia

Sabtu,  8 Desember 2012  −  18:08 WIB
2013, Pertamina bangun gedung tertinggi di Indonesia
Ilustrasi

Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) berencana membangun Pertamina Tower setinggi 430 meter di Jakarta pada 2013. Bila pembangunannya berjalan lancar, Pertamina Tower berpeluang masuk dalam 10 besar gedung tertinggi di dunia.

"Kalau izin sudah selesai kita langsung go di akhir 2013. Konstruksinya paling 18 atau 24 bulan. Rampungnya paling cepat itu dua tahun dari konstruksi," ujar Direktur Umum Pertamina Budi Luhur di GBK, Jakarta, Sabtu (8/12/2012).

Namun, rencana ini masih terhambat oleh peraturan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menetapkan batas setinggi 220 meter untuk gedung-gedung di seluruh Indonesia. Karena itu, Pertamina masih mengusahakan agar pembangunan Pertamina Tower ini mendapatkan izin.

"Sekarang kan yang ada itu aturannya tower maksimal 220 meter di Indonesia. Kita kan lebih dari 430 meter berarti kan harus ada izin dari Perhubungan (Kemenhub). Itu yang lagi diusahakan. Masih terkendala izin," ungkap Budi.

Dia juga menambahkan, Pertamina Tower ini didirikan sebagai simbol visi dan cita-cita Pertamina kedepan yang ingin menjadi perusahaan minyak dan gas (migas) terbaik di Tanah Air maupun di kancah internasional.

"Kita harus punya produk sendiri karena harapan kita mencerminkan Pertamina ke depan," jelas dia.

Saat ini, gedung tertinggi di dunia nomor wahid adalah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab dengan ketinggian 828 meter. Posisi kedua ditempati Abraj Al-Bait di Mekkah, Saudi Arabia dengan ketinggian 601 meter.

Jika dibanding Menara Kembar Petronas yang saat ini berada diurutan keenam gedung tertinggi di dunia, ketinggian Tower Pertamina masih berada dibawahnya. Adapun, ketinggian Menara kebanggaan Malaysia tersebut mencapai 451,9 meter.


(rna)

views: 5.791x
Bagikan artikel ini :
shadow