Ini tiga pengaruh perusahaan terhadap ekonomi RI

Rabu, 24 Juli 2013 - 19:56 WIB
Ini tiga pengaruh perusahaan terhadap ekonomi RI
Ini tiga pengaruh perusahaan terhadap ekonomi RI
A A A
Sindonews.com - Direktur Indef, Enny Sri Hartati mengharapkan 50 Perusahaan Terbuka Berpengaruh di Indonesia yang dikeluarkan Koran SINDO, dapat berperan besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan terlibat dalam keterkaitan ke belakang dan ke depan.

"Maksud dari keterkaitan ke belakang yang besar adalah permintaan terhadap bahan baku, sebagai contoh yang dapat menghidupi orang banyak. Sedangkan keterkaitan ke depan adalah bagaimana perusahaan tersebut dapat menciptakan industri turunan ke depannya," ujar dia ketika dihubungi Sindonews, Rabu (24/7/2013).

"Sehingga semakin panjang rantainya, semakin besar pula kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia," imbuh dia.

Enny mengatakan, kemampuan perusahaan tersebut dalam mengolah bahan baku hingga bernilai tambah juga merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi.

"Apakah perusahaan tersebut memiliki output yang bernilai tambah, seperti contoh Indofood yang mengolah gandum menjadi makanan?" katanya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan perusahaan yang dapat berperan besar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah perusahaan yang dapat menyediakan lapangan kerja besar kepada masyarakat.

"Jadi akan meningkatkan konsumsi dalam negeri, dan ada efeknya yaitu masyarakat memiliki daya beli produk yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.7961 seconds (0.1#10.140)