Pasar tablet tahun ini diprediksi naik 18%

Selasa, 28 Januari 2014 - 19:26 WIB
Pasar tablet tahun ini diprediksi naik 18%
Pasar tablet tahun ini diprediksi naik 18%
A A A
Sindonews.com - Tablet masih merupakan daya tarik bagi gadget yang diminati. Dengan harga yang semakin beragam, memberikan banyak pilihan.

Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Kota Semarang, Edi Joko mengatakan, persaingan platform Operating System Android, iOS dan Windows, masih terasa sengit.

Diprediksi penjualan tablet akan meningkat hingga 18 persen, sedangkan smartphone hingga 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan dalam hal platform, Android akan terus melanjutkan dominasinya di ranah mobile device.

“Walaupun sempat mengalami badai fluktuasi melemahnya nilai tukar rupiah, tidak menyurutkan para produsen dan penyalurnya, untuk menampilkan produk terbaru untuk 2014, terbukti minat masyarakat kita terhadap perubahan teknologi tetap tinggi,” katanya, Selasa (28/1/2014).

Selain gadget, PC (desktop dan laptop) diprediksi juga akan terus menggeliat, seiring semakin banyaknya varian yang ditawarkan masing-masing produsen. “Walaupun pengapalan PC mengalami penurunan, namun tetap memberikan trend positif bagi profesional industri apapun,” ujarnya.

Dia menambahkan, Indonesia masih merupakan pasar yang sangat potensial untuk serapan produk gadget dan komputer, terbukti beberapa produsen komputer dan gadget kelas dunia seperti Foxconn yang positif untuk membangun pabriknya di Jawa.

Disebutkan Edi, berdasarkan survei dari IDC di 2014 akan semakin banyak perusahaan yang menggelontorkan uangnya untuk bidang IT. Bahkan jumlahnya diyakini naik 5 persen. Sedangkan di kalangan perusahaan besar, belanja modal akan banyak dihabiskan untuk data center akan terus melonjak dari sebelumnya, karena kebutuhan layanan, storage, networks, software, dan services, terus bertambah.

”Terlebih untuk negara berkembang potensial seperti Indonesia, oleh karena itu produsen semakin berlomba,” imbuhnya.

Namun dari pertumbuhan tersebut, IDC memprediksi hanya keuntungan penjualan PC saja yang tak banyak berubah, hanya berkutat di angka 6 persen.

Bisnis Executif Advan area Jateng, Henky Setianto mengaku, penjualan produk Advan juga didominasi oleh tablet 7 inch dan Smartphone 5 inch. “Penjualan kita pada 2013 kemarin mencapai 10-20 unit, dan didominasi oleh tablet,” katanya.

Menurutnya, tablet masih cukup digemari di masyarkat, oleh sebab itu Advan sendiri di 2014 ini mentargetkan pertumbuhan 50 persen dari tahun lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)