Kementan Imbau Pasar Murah Digelar Setelah Pilpres

Kamis, 26 Juni 2014 - 15:06 WIB
Kementan Imbau Pasar Murah Digelar Setelah Pilpres
Kementan Imbau Pasar Murah Digelar Setelah Pilpres
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian mengimbau kepada para pemerintah daerah untuk mulai menyelenggarakan pasar murah setelah Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) pada 9 Juli 2014 mendatang.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Acmad Suryana menegaskan, penyelenggaran pasar murah setelah Pilpres tersebut demi mencegah adanya pemanfaatan pasar murah untuk keperluan kampanye.

"Pilpres itu kan tanggal 9 Juli 2014, puasa kan sampai tanggal 28 Juli, ya segera saya imbau ke daerah untuk melakukan setelah tanggal 9 Juli, kalau operasi pasar kan bisa kapan saja," katanya di Kantor Kementan, Jakarta (26/6/2014).

Meski sudah mengirimkan surat permohonan kepada pemda setempat, namun Suryana menegaskan tetap akan menyerahkan keputusan di tangan pimpinan daerah masing-masing mengingat hal itu hanya bersifat imbauan.

Suryana menambahkan, penyelenggaraan pasar murah ini merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah kepada masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah untuk dapat membeli bahan pangan lebih murah dibanding di pasaran.

"Kalau pasar murah biasanya ditujukan untuk kelompok masyarakat tertentu, misal harga daging sapi di pasaran Rp100 ribu per kilogram, di pasar murah itu hanya Rp65 ribu per kilogramnya, itu untuk masyarakat ekonomi rendah, beda dengan operasi pasar," jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)