Lima Keterampilan Wajib Dimiliki Pengusaha

Sabtu, 16 Agustus 2014 - 08:17 WIB
Lima Keterampilan Wajib Dimiliki Pengusaha
Lima Keterampilan Wajib Dimiliki Pengusaha
A A A
PERDEBATAN di sebagian banyak orang, apakah pengusaha dilahirkan atau dibentuk? Hal itu sulit disatukan. Namun, melatih keterampilan dapat membantu Anda menjadi seorang pengusaha yang sukses. Apakah Anda sudah besar atau belum?

Untuk meraih keberhasilan, situs Entrepreneur mencatat ada lima keterampilan penting yang wajib dimiliki seorang pengusaha.

1. Komunikasi


Bila Anda solopreneur, Anda mungkin berpikir komunikasi kurang menjadi masalah, karena Anda tidak memiliki staf untuk berinteraksi. Tapi, ingat Anda harus bisa mempertahankan garis komunikasi yang jelas dengan pelanggan, baik melalui email maupun telepon. Memastikan pesan yang Anda kirim di website atau media sosial sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jika Anda memiliki staf, komunikasi sangat penting. Keterampilan komunikasi yang buruk dapat menyebabkan penurunan produktivitas pada staf Anda. Jika tidak memahami instruksi Anda, mereka dapat membuat banyak kesalahan.

Bahkan, jika Anda bukan seorang komunikator yang terampil, memperhatikan bagaimana orang bereaksi terhadap Anda dapat memberikan petunjuk seberapa baik (atau tidak) Anda menjangkau mereka. Tanyakan orang yang sedang Anda ajak bicara apa paham sehingga memberi mereka kesempatan untuk meminta penjelasan.

2. Branding (pribadi dan bisnis)

Apakah Anda sedang berjuang untuk membangun merek bisnis atau membangun diri sebagai ahli dalam industri. Mengetahui bagaimana melakukannya secara online sangat penting untuk keberhasilan Anda.

Branding dimulai dengan menjadi aktif di media sosial, dan dibentuk melalui publikasi konten di website Anda. Perlu diketahui, konten yang buruk dapat menyebabkan merek negatif. Sangat penting untuk mengetahui bagaimana memberikan konten dan sumber daya yang ditargetkan.

3. Penjualan


Anda mungkin tidak mengidentifikasi penjualan. Tapi, pada kenyataannya jika Anda menjalankan bisnis, Anda terlibat dalam penjualan. Anda mungkin memiliki tim penjualan yang menangani semua penjualan perusahaan. Namun, setiap kali Anda membuka jalan bisnis, bernegosiasi dengan vendor, atau bahkan hanya membujuk orang untuk melakukan sesuatu, Anda memasuki keterampilan penjualan.

Jika Anda fokus membantu daripada menjual, Anda akan merasa lebih percaya diri tentang proses penjualan, dan membuat lebih banyak penjualan.

4. Strategi


Sangat mudah untuk berpikir aspek bisnis Anda. Karena hasilnya mudah untuk dilihat. Tapi, bagaimana dengan tantangan jangka panjang yang lebih besar dan target? Seberapa sering Anda berpikir tentang itu?

Tanpa mata konstan pada strategi bisnis dan penilaian strategi yang terampil terhadap industri serta pesaing, Anda tidak bisa memperkirakan pertumbuhan dari waktu ke waktu dan tetap kompetitif di pasar.

Dedikasikan waktu untuk bermimpi tentang apa yang Anda inginkan dalam bisnis. Kemana arah yang diambil? Apa visi Anda sekarang? Bagaimana Anda bisa sampai di sana dari sini? Tetapkan tujuan Anda. Kemudian mengembangkan rencana untuk ditindaklanjuti agar menjadi kenyataan. Jangan lupa dengan tujuan-tujuan tersebut.

5. Keuangan

Walaupun Anda tidak perlu menjadi seorang ahli keuangan untuk menjalankan bisnis, Anda tetap harus memiliki pemahaman keuangan yang cukup terhadap margin keuntungan, arus kas dan pendanaan. Semakin nyaman Anda dengan semua angka-angka, akan semakin percaya diri dan dapat mengambil keputusan yang lebih baik.

Jika Anda memiliki seorang akuntan untuk menangani semua nomor atau angka, itu hebat. Tapi, tidak menggunakannya sebagai penopang, untuk menjaga Anda dengan menggali dan benar-benar memahami di mana posisi uang Anda. Itu tugas Anda untuk mengendalikannya, mengoptimalkan efisiensi, dan menemukan cara untuk meningkatkan pendapatan.

Mulailah menghabiskan beberapa saat waktu untuk sistem akuntansi. Anda dapat belajar banyak tentang keuntungan dan kerugian, pendapatan rata-rata dan beban dari laporan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4949 seconds (0.1#10.140)