Ekonom: Banyak Harapan yang Disematkan pada Jokowi

Senin, 20 Oktober 2014 - 16:39 WIB
Ekonom: Banyak Harapan yang Disematkan pada Jokowi
Ekonom: Banyak Harapan yang Disematkan pada Jokowi
A A A
JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) hari ini resmi diangkat sumpahnya menjadi Presiden RI ke-7 periode 2014-2019. Banyak harapan yang diletakkan di pundak Mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Ekonom dari Institute of Development for Economic and Finance (Indef) Aviliani mengatakan, banyak harapan yang disematkan kepada Jokowi. Dia menyebutkan, masyarakat kelas bawah pasti berharap bahwa hidupnya akan semakin sejahtera.

Terlebih Jokowi merupakan Presiden RI yang digadang-gadang sangat pro rakyat. Jadi wajar jika masyarakat kelas bawah menginginkan perbaikan tersebut.

"Kalau makin sejahtera, menyelesaikan kemiskinan bisa lebih baik enggak. Mereka berharap ada kenaikan kelaslah, enggak seperti dulu-dulu," ucap dia kepada Sindonews, Senin (20/10/2014).

Menurut dia, harapan ini memang cukup berat. Mengingat anggaran yang dicanangkan pemerintah tidak otomatis hanya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, atau mengurangi kemiskinan.

"Ini harapan agak berat, karena dana itu tidak otomatis untuk 100 juta orang yang di bawah," tambah dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk masyarakat kelas menengah seperti buruh, pasti berharap Jokowi bisa menaikkan upah minimum rata-rata (UMR).

Sementara untuk dunia usaha, lanjut Aviliani, mereka pasti menginginkan iklim investasi yang kondusif. Sebab mereka sudah banyak menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga mereka berharap diberi kepastian untuk bisnisnya tersebut.

"Jangan setiap kali membuat kebijakan yang justru menghambat mereka yang berinvestasi terlalu besar," terang dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4349 seconds (0.1#10.140)