Pembelian Emas Meningkat, Emas Global Reli

Jum'at, 21 November 2014 - 10:28 WIB
Pembelian Emas Meningkat, Emas Global Reli
Pembelian Emas Meningkat, Emas Global Reli
A A A
SINGAPURA - Harga emas global menuju kenaikan mingguan ketiga setelah reli selama dua pekan karena investor melihat sinyal peningkatan pembelian emas seiring akan dinaikkanya suku bunga acuan oleh Federal Reserve (Fed rate).

Emas untuk pengiriman segera diperdagangkan pada harga USD1.192,03 per ons pada 10.31 siang di Singapura dari sebelumnya di harga USD1.193,79.

Logam mulia naik pada 18 November menjadi USD1.204,68, tertinggi sejak 30 Oktober, dan telah naik 0,3% sepanjang pekan ini. Kenaikan selama tiga pekan akan menjadi yang terpanjang sejak periode 11 Juli 2014.

Data kemarin menunjukkan bahwa Rusia meningkatkan cadangan emas bulan lalu dan Swiss menjadi eksportir bersih emas untuk kali pertama pada tahun ini.

Data Swiss Federal Customs Administration menunjukkan, ekspor emas Swiss pada bulan Oktober menjadi yang tertinggi sejak Februari 2014, yang mayoritas dikirim ke India, China dan Hong Kong.

Volume untuk kontrak di Shanghai Gold Exchange telah berada di atas rata-rata tahun ini tiap harinya setelah liburan Hari Nasional selama sepekan pada Oktober.

Namun emas masih di jalur penurunan tahunan kedua karena The Fed akan semakin dekat untuk menaikkan suku bunga di tengah rendahnya harga energi.

"Data AS terbaru terus menunjukkan kenaikan yang stabil, sementara ekonomi lainnya terlihat lemah dan ini akan mendorong kenaikan USD karena kebijakan moneter yang berbeda. Pembelian fisik meningkat seperti yang telah diperkirakan," kata analis di Huatai Great Wall Futures Co Huang Wei seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (21/11/2014).

USD diperdagangkan mendekati lima tahun terakhir karena data minggu ini menunjukkan Jepang berada dalam resesi, manufaktur Eropa ke China melambat, sementara penjualan rumah di AS naik dan klaim pengangguran turun.

Emas di Comex New York untuk pengiriman Desember sedikit berubah menjadi USD1.191,50 per ons. Di China dan India, yang merupakan pembeli terbesar, biasanya akan mengalami peningkatan permintaan pada kuartal IV karena adanya festival dan musim pernikahan.

Sementara perak untuk pengiriman segera turun 0,3% menjadi USD16,2310 per ons, menuju penurunan mingguan. Spot platinum sedikit berubah menjadi USD1.211,50 per ons dan palladium juga sedikit berubah menjadi USD771,40 per ons, siap menghentikan penurunan dua pekan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5717 seconds (0.1#10.140)