Energi Tenaga Air Akan Sumbang Target Listrik 35 Ribu MW

Senin, 24 November 2014 - 14:04 WIB
Energi Tenaga Air Akan Sumbang Target Listrik 35 Ribu MW
Energi Tenaga Air Akan Sumbang Target Listrik 35 Ribu MW
A A A
JAKARTA - Energi air dapat menyumbang target kelistrikan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar 35 ribu MW dalam kurun waktu lim atahun.

"35 ribu MW itu dibagi-bagi, ada yang dari diesel, bahan bakar fosil, gas, dan dari energi lagi," ujar Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PU-Pera) Mudjiadi, Senin (24/11/2014).

Namun, Mudjijadi tidak bisa menyebutkan besaran listrik yang disumbang dari energi air. Hal tersebut menjadi kewewenangan Kementerian ESDM.

"Nah itu yang sedang kita evaluasi. Kalau detilnya tanyakan ke ESDM. Saya kan di SDA," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah sedang mengomptimalkan pemanfaatan air sebagai sumber energi listrik, untuk mewujudkan target kelistrikan sebesar 35 ribu MW.

"Potensinya ada untuk PLTA, Desember 2014 ini akan selesai, kita hitung dari 203 bendungan. Ini studi potensinya berapa mega, kelasifiaksi 1-10 MW mini hidro, di bawah 1 MW mikro hidro dan di atas 10 MW itu PLTA," katanya.

Selain itu, pembangunan waduk yang dilakukan saat ini juga dirancang bisa memanfaatkan air untuk sumber energi dengan ditempatkan PLTA.

"Sekarang percepatan setiap bangun waduk baru ada PLTA-nya, seperti di waduk Jategede, Pandanaran. Semua kita siapakan fasilitas PLTA," tuturnya.

(Baca: Kementerian PU-Pera Survei 203 Bendung untuk PLTA)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0890 seconds (0.1#10.140)