Ini Permintaan Rini pada Dwi Soetjipto

Jum'at, 28 November 2014 - 18:56 WIB
Ini Permintaan Rini pada Dwi Soetjipto
Ini Permintaan Rini pada Dwi Soetjipto
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto membuat Pertamina lebih transparan dan akuntabel.

Seperti diketahui, bos PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) tersebut akhirnya resmi menyandang status baru sebagai Dirut Pertamina mulai hari ini, menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri 1 Oktober 2014.

"Utamanya membentuk sistem yang akuntabel transparan, sehingga semua pihak merasa yakin bahwa apa yang dilakukan di Pertamina itu merupakan yang terbaik untuk kita semua, untuk bangsa," ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Dia menuturkan, Dirut Pertamina juga harus menganalisa secara mendalam mengenai supply-chain Pertamina, baik dari hulu atau ke hilir.

"Sering kali kita melihat dan mendengar banyak permainan di sini dan di situ. Memang penekanan utama adalah betul-betul dan Pak Dwi bisa menganalisa secara mendalam dan melakukan efisiensi," jelasnya.

Menurutnya, salah satu tantangan utama adalah keputusan merampingkan jajaran direksi Pertamina yang sebelumnya berjumlah delapan orang, menjadi hanya empat orang.

"Ini tantangan (perampingan). Beliau tadi mengatakan, Bu saya mohon waktu karena nanti saya mau lihat kembali. Saya mengatakan, silakan Pak Dwi sebagai CEO, memang tanggung jawab operasi sehari-hari," terang Rini.

Sebab itu, dirinya memberikan waktu satu pekan untuk Dwi Soetjipto menganalisa bersama direksi lainnya yang telah terpilih mengenai keputusan perampingan tersebut.

"Dalam satu minggu ini Pak Dwi akan memberikan analisanya, bersama dengan direktur-direktur yang lain, apakah memang jumlah direksi sekarang itu sudah mampu untuk melakukan program-program yang akan dilakukan direksi Pertamina yang baru," tandas Rini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5035 seconds (0.1#10.140)