Tak Hanya Arab Saudi yang Tentukan Minyak Dunia

Senin, 26 Januari 2015 - 16:38 WIB
Tak Hanya Arab Saudi yang Tentukan Minyak Dunia
Tak Hanya Arab Saudi yang Tentukan Minyak Dunia
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan, tidak hanya Arab Saudi yang menentukan harga minyak dunia.

Hal itu dikatakan Enny terkait meninggalnya Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz. Dia menilai, dengan meninggalnya Raja Abdullah, tidak akan berpengaruh terhadap minyak dunia.

"Kekuatan Timur Tengah ini memang mereka negara monarki. Kekuatannya ada di raja. Tapi sekarang mereka cenderung lebih ke demokratisasi dan hukum juga. Nah politik dan untuk kaitannya dengan harga minyak ini karena pergantian raja yang meninggal, bukan karena kudeta atau yang lain," ujarnya ketika berbincang bersama Sindonews di Jakarta, Senin (26/1/2015).

Artinya, lanjut dia, tidak ada konflik politik apapun di Timur Tengah. Sementara untuk harga minyaknya sendiri yang menentukan tidak hanya Arab Saudi.

"Harga minyak itu ditentukan bukan Arab saja tapi OPEC. Sementara OPEC ini sudah memutuskan bahwa untuk produksi minyak mereka tidak akan dikurangi, karena mereka juga enggak mungkin melepas negara-negara yang selama ini mereka pasok sebagai konsumen dan tujuan ekspor mereka menjadi beralih ke negara lain," jelasnya dia.

Menurutnya, meninggalnya Raja Abdullah tidak ada yang perlu ditakutkan karena tidak akan ada perubahan terhadap peta politik internasional.

"Karena yang terjadi ketika harga minyak dunia melemah itu kan tidak terlepas dari peta politik global. Termasuk gimana strtegi Amerika Serikat untuk menekan rupiah. Gitu kan. Kalau cuma persoalan itu, saya rasa enggak akan ada dampaknya," tandas Enny.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4548 seconds (0.1#10.140)