Harga BBM Bisa Naik Awal Maret

Senin, 16 Februari 2015 - 22:26 WIB
Harga BBM Bisa Naik Awal Maret
Harga BBM Bisa Naik Awal Maret
A A A
BOGOR - Pemerintah berencana akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) baik premium maupun solar pada awal Maret 2015, jika harga minyak dunia terus merangkak naik. Kini, harga minyak dunia mulai naik ke angka USD59 per barel.

Sebelumnya, harga minyak dunia terperosok ke level USD48 per barel. "Harga minyak dunia sedang naik, akhir bulan mungkin akan naik, tapi enggak tahu kita (besarannya). Tergantung harga internasional," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/2/2015).

Dia menjelaskan, penetapan harga BBM tersebut tidak bisa dipatok langsung besarannya. Sebab, perubahan harga tersebut perlu disinkronkan dengan pergerakan rata-rata harga minyak dunia.

"Enggak bisa patokan, tergantung harga internasional. Karena kita masih impor. Tergantung (naiknya), kalau harga minyak dunia USD50 per barel bisa jual BBM Rp6.600 per liter, kalau USD45 per barel bisa turun lagi. Kalau USD60 per barel pasti naik lagi," ungkapnya.

Mantan Menteri BUMN ini menambahkan, harga BBM bulan ini tidak akan mengalami perubahan. Di sisi lain, Sofyan menyebut bahwa harga BBM pada Februari 2015 tidak mengalami perubahan.

"Akhir bulan tergantung, kalau harga turun ya turun. Harga dunia naik ya naik. Itulah namanya keekonomian. Tapi naiknya itu tentu sesuai. Bahkan kalau di negara yang bagus, harian naiknya," tandas Sofyan.

(Baca: Pemerintah Putuskan Harga BBM Tidak Turun)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4486 seconds (0.1#10.140)