Jaga Inflasi, BI Perkuat Koordinasi dengan Pemerintah

Senin, 02 Maret 2015 - 18:33 WIB
Jaga Inflasi, BI Perkuat Koordinasi dengan Pemerintah
Jaga Inflasi, BI Perkuat Koordinasi dengan Pemerintah
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara mengatakan, pihaknya akan memperkuat koordinasi dengan pemerintah untuk menjaga inflasi.

"Dalam rangka menjaga inflasi tetap berada pada sasaran yang ditetapkan, Bank Indonesia akan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah," katanya, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, ke depan BI akan terus mencermati berbagai faktor risiko yang memengaruhi inflasi baik bersumber dari kelompok volatile food maupun dari administered prices terutama terkait perkembangan harga minyak dunia.

Tirta juga mengatakan, tekanan inflasi yang semakin menurun seiring deflasi yang kembali terjadi di Februari 2015 sejalan dengan perkiraan BI berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) mingguan.

Dia mengungkapkan, perkembangan harga ini berbeda dengan pola biasanya yang mencatat inflasi. Dari sisi komponennya, deflasi terjadi pada kelompok volatile food dan administered prices, masing-masing sebesar 1,69% (mtm) dan 1,24% (mtm).

"Di kelompok volatile food, koreksi harga yang signifikan terutama terjadi pada aneka cabai seiring panen di beberapa sentra produksi," ujarnya.

Selain itu, komoditas daging ayam ras dan telur ayam ras juga mengalami koreksi harga. Kondisi ini mampu meredam kenaikan harga beras, terutama terjadi pada tingkat grosir di sejumlah kota besar khususnya di Jakarta.

Sementara itu, deflasi pada kelompok administered prices tercatat pada komoditas bensin, tarif angkutan dalam kota, dan tarif angkutan antar kota. Perkembangan inflasi inti, sejauh ini masih terkendali bahkan menurun dari bulan lalu (0,61%, mtm) menjadi 0,34% (mtm) atau 4,96% (yoy).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4002 seconds (0.1#10.140)