Tim Reformasi Migas Minta Pertamina Diistimewakan

Selasa, 03 Maret 2015 - 16:30 WIB
Tim Reformasi Migas Minta Pertamina Diistimewakan
Tim Reformasi Migas Minta Pertamina Diistimewakan
A A A
JAKARTA - Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas (RTKM) meminta PT Pertamina diberikan keistimewaan khusus, agar dapat menjadi perusahaan nasioanal kelas dunia. Keistimewaan ini nantinya dituangkan dalam UU Migas No 22/2001, yang saat ini dalam proses revisi.

Ketua Tim RTKM Faisal Basri mengungkapkan, hal ini dalam rangka menjadikan Pertamina murni sebagai operator pengelolaan minyak, tanpa dibebankan dengan peleburan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas.

"Pertamina kita dorong go global, murni sebagai operator. Tapi diberi special treatment," ucapnya di Jakarta, Selasa (3/3/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, selain special treatment yang akan didapatkan Pertamina, keistimewaan lain adalah dengan memberikan hak kepada perusahaan pelat merah tersebut untuk mengelola blok migas yang kontraknya hampir habis.

"Sudah otomatis (Pertamina dapat hak istimewa di UU Migas). Siapa lagi yang ingin memajukan Pertamina, kalau bukan kita," imbuhnya.

Faisal menambahkan, keberpihakan terhadap Pertamina tersebut harus didasarkan penekanan agar perseroan transparan dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. "Syaratnya harus transparan. Keistimewaan Pertamina, yang penting semangat keberpihakan kepada National Oil Company (NOC)," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1369 seconds (0.1#10.140)