Rini, Menteri Pertama yang Naik Pesawat Kelas Ekonomi

Jum'at, 06 Maret 2015 - 11:01 WIB
Rini, Menteri Pertama yang Naik Pesawat Kelas Ekonomi
Rini, Menteri Pertama yang Naik Pesawat Kelas Ekonomi
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menyebutkan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno merupakan menteri pertama dalam Kabinet Kerja yang naik pesawat di kelas ekonomi.

Dia mengatakan, pada dasarnya birokrat tidak dilarang untuk naik pesawat kelas bisnis. Namun Presiden Joko Widodo (Joikowi) justru menunjukkan kebiasaan baru bahwa sejatinya birokrat dan rakyat memiliki kedudukan dan empati yang sama.

"Presiden menujukkan kebiasaan baru untuk menunjukkan birokrat dan rakyat memiliki kedudukan sama. Bu Menteri (Rini Soemarno) adalah menteri yang paling pertama duduk di kelas ekonomi dan saya ikuti," ungkapnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Melihat hal tersebut, dia pun langsung memiliki ide untuk merancang kebijakan agar seluruh aparatur sipil negara diwajibkan untuk naik pesawat di kelas ekonomi. Namun, sebelum aturan tersebut ditetapkan, protes keras muncul dari sejumlah menteri.

"Beberapa menteri yang tidak seramping bu Rini bilang tersiksa. Saya menyadari hal tersebut. Makanya pak Wapres bilang, sudahlah bu Rini saja yang duduk di ekonomi, lainnya biarkan di bisnis," imbuh dia.

Namun, lantaran kebiasaan Jokowi, dirinya, dan Menteri Rini yang naik pesawat kelas ekonomi, sehingga para deputi di kementeriannya pun jadi tak enak hati dan memilih mengikuti jejaknya untuk terbang di kelas ekonomi.

"Tidak berani lagi duduk di kelas bisnis. Sekarang ini jarang saya lihat pejabat duduk di kelas bisnis. Ini menunjukkan revolusi mental sudah berjalan, padahal tidak ada aturannya," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3286 seconds (0.1#10.140)