Hadapi MEA Diperlukan Sinergi Semua Pihak

Kamis, 12 Maret 2015 - 15:41 WIB
Hadapi MEA Diperlukan Sinergi Semua Pihak
Hadapi MEA Diperlukan Sinergi Semua Pihak
A A A
JAKARTA - Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid mengatakan, diperlukan sinergi semua pihak, baik pemerintah, pelaku usaha termasuk perbankan, akademisi, serta masyarakat, sehingga Indonesia dapat bersaing di kawasan regional dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

“Keberadaan MEA 2015 tidak hanya membawa peluang dan manfaat bagi Indonesia, tetapi juga tantangan baik di bidang ekonomi maupun nonekonomi," kata dia, Kamis (11/3/2015).

CIMB Niaga hari ini menyelenggarakan Economic Forum 2015, dengan tema “Persiapan Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan Program Pemerintahan Baru Nawa Cita”.

Forum ini, dia berharap dapat memberikan gambaran tentang isu-isu penting serta strategi Indonesia menghadapi MEA 2015.

Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah mencanangkan program Nawa Cita yang berisi sembilan agenda prioritas. Salah satunya adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi nasional.

Pemerintah, lanjut Arwin, juga memprioritaskan untuk meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

“Prioritas ini memiliki titik berat dan keterkaitan dengan bagaimana kesiapan Indonesia menghadapi persaingan di MEA 2015,” ujarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4050 seconds (0.1#10.140)