Menkeu: ESDM yang Bisa Jawab Soal Subsidi Tetap Solar

Senin, 30 Maret 2015 - 10:45 WIB
Menkeu: ESDM yang Bisa Jawab Soal Subsidi Tetap Solar
Menkeu: ESDM yang Bisa Jawab Soal Subsidi Tetap Solar
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mempertanyakan sikap pemerintah mengenai subsidi langsung yang dikenakan pada BBM jenis solar. Pasalnya, harga solar saat ini mengikuti kenaikan meski mendapat subsidi tetap.

Ketika ditanya hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro berdalih bahwa Kementerian ESDM yang seharusnya bisa menjawab pertanyaan DPR tersebut.

"Kementerian ESDM akan bisa menjelaskannya, bukan saya. Ada rumus dan formulanya soal BBM itu kenapa harganya segitu," ujarnya di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (30/3/2015).

Menurutnya, kenaikan harga BBM di dalam negeri juga semestinya dilihat masyarakat dengan kondisi kurs rupiah sekarang. Minyak pun impor, bukan dari ladang sendiri.

"Kan itu impor, kurs juga ada (berpengaruh), bukan hanya minyak. Kan sudah di review setiap dua minggu. Mau enggak mau ya mesti siap," imbuh dia.

Menkeu juga mengatakan, acuan cadangan khusus untuk energi sampai saat ini masih mengacu kepada APBNP 2015 yang sudah ditetapkan pemerintah beberapa waktu lalu. "Pokoknya stuck pada itu (APBNP 2015) kalau soal energi-energian," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5244 seconds (0.1#10.140)