China Akan Buyback Proyek FTP 10 Ribu MW

Rabu, 22 April 2015 - 15:19 WIB
China Akan Buyback Proyek FTP 10 Ribu MW
China Akan Buyback Proyek FTP 10 Ribu MW
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan, pemerintah China bakal membeli kembali (buyback) pembangkit listrik hasil proyek Fast Track Programme (FTP) tahap I, yang dicanangkan sebesar 10 ribu megawatt (MW).

Dia menjelaskan, dalam proyek FTP tahap I yang telah dimulai sejak pemerintahan sebelumnya tersebut baru terselesaikan sekitar 8.500 MW, sisanya diharapkan selesai 2016. Namun, liability (keandalan) proyek tersebut tidak maksimal, atau hanya mampu sekitar 55% hingga 60%.

"Karena itu kemudian Jokowi pada waktu ke China mengatakan, itu pemerintah China tolong proyeknya ditengok. Karena anak-anak mereka yang kerja di sini, itu menghasilkan pekerjaan kurang baik mutunya," ucapnya di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Pemerintah China juga merespon dengan baik dan menyatakan kesanggupannya untuk memperbaiki kembali proyek FTP I yang dikerjakan orang-orangnya tersebut. Proses perbaikannya dilakukan dengan buyback seluruh proyek dan diperbaiki, kemudian akan disewakan kembali (lease back) ke PT PLN (Persero).

"Itu sebenarnya cara financing saja, tapi teknisnya adalah mereka bertanggung jawab untuk memperbaiki. Kemudian setelah baik akan digunakan kembali oleh PLN. Belum tentu China semuanya, tetapi yang jelas PLN sedang melihat dari lima BUMN China itu akan dipilih beberapa," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6672 seconds (0.1#10.140)