Dua Bandara Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia

Jum'at, 24 April 2015 - 16:50 WIB
Dua Bandara Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia
Dua Bandara Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia
A A A
JAKARTA - Dua bandara Indonesia, yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya berhasil mencatatkan diri masuk sebagai 10 besar bandara dengan tingkat layanan terbaik di dunia.

Hal ini berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada periode kuartal IV/2014.

Pada kategori bandara dengan jumlah penumpang 15 hingga 25 juta penumpang/tahun, ACI melakukan penilaian di 31 bandara di dunia. Peringkat kedua bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (AP I) ini lebih baik jika dibanding dengan Bandara Kansai Osaka di Jepang, Bandara San Diego California di AS, Bandara Zurich di Swiss, Bandara Brisbane Queensland di Australia, dan Bandara Manchester di Inggris.

Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo menyatakan, pengelola bandara di dunia sangat selektif dan hanya mengajukan bandara terbaiknya untuk ikut survei ASQ ini. Dari Indonesia, Angkasa Pura I mengikutkan empat bandaranya, sementara Angkasa Pura II sebanyak lima bandara.

Menurut dia, hasil ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan level of service yang telah dilakukan oleh perseroan selama ini cukup berhasil.

"Kami bertekad untuk terus meningkatkan layanan di bandara-bandara kami, sehingga visi Angkasa Pura I untuk menjadi 10 besar perusahaan pengelola bandara terbaik di Asia pada 2020 bisa terwujud lebih cepat dari target yang ditetapkan," kata dia dalam rilisnya, Jumat (24/4/2015).

Adapun bandara yang berada di peringkat pertama dalam survei ASQ ini adalah Bandara Wuhan Tianhe, China.

Di kategori lainnya, yaitu bandara dengan jumlah penumpang 5 hinggga 15 juta penumpang/tahun, dari 79 bandara yang di survei, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan berada di peringkat ke-16.

"Posisi ini berada di atas ranking Bandara San Antonio Texas di AS, Bandara Penang di Malaysia dan Bandara Bengaluru di India," paparnya.

Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini, antara lain suasana bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat makan, ketersediaan bank, ATM, money changer, sarana hiburan dan rekreasi di bandara serta keramahan dan kesigapan staf bandara.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4281 seconds (0.1#10.140)