PLTD Jadi Solusi Proyek Listrik 47 Wilayah Terluar

Minggu, 10 Mei 2015 - 21:30 WIB
PLTD Jadi Solusi Proyek Listrik 47 Wilayah Terluar
PLTD Jadi Solusi Proyek Listrik 47 Wilayah Terluar
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memilih Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) untuk merealisasikan proyek listrik untuk 47 wilayah terluar di Indonesia. Proyek tersebut ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2015.

Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman menuturkan, PLTD dipilih untuk mengaliri listrik di 47 wilayah terluar lantaran pembangkit tersebut adalah satu-satunya cara agar proyek ambisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini terealisasi.

"Kita kejar Agustus 2015 (aliri listrik di 47 wilayah terluar). Satu-satunya cara agar bisa cepat ya kita bangun PLTD," ucapnya di Jakarta, Minggu (10/5/2015).

Menurutnya, pembangkit bertenaga diesel tersebut hanya untuk tahap awal saja. PLTD tidak mungkin diandalkan untuk selamanya mengaliri listri di wilayah terluar, nantinya PLTD akan digantikan dengan pembangkit listrik bersumber energi baru dan terbarukan (EBT).

"Kita perlu waspadai, membangun PLTD memang cepat tinggal angkut pasang pondasi. Tapi untuk mengoperasikannya pakai BBM solar dan perlu di antar ke daerah-daearah tersebut. Itu jadi masalah karena terpencil, karena itu kita tidak boleh pakai PLTD saja," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6767 seconds (0.1#10.140)