Apartemen Dekat Kampus Investasi yang Menjanjikan

Rabu, 13 Mei 2015 - 07:47 WIB
Apartemen Dekat Kampus...
Apartemen Dekat Kampus Investasi yang Menjanjikan
A A A
Dibanding menghuni kamar kos atau rumah kontrakan saat kuliah, memiliki apartemen dekat kampus mampu menawarkan keuntungan “lebih” dalam hal investasi. Setelah lulus, Anda pun bisa menjual atau menyewakannya. Menjanjikan, bukan?

Semua orang tua, tentu ingin yang terbaik untuk anak. Tidak heran jika cukup banyak konsumen yang membeli rumah tinggal untuk dihadiahkan kepada sang anak.

Selain sebagai hadiah perkawinan, misalnya, ada momen khusus lainnya yang “memaksa” orang tua buru-buru mencari tempat tinggal untuk anaknya, yaitu saat anak masuk kuliah. Kebutuhan akan tempat tinggal ini menjadi krusial saat universitas favorit tempat sang anak mengemban pendidikan tinggi, letaknya jauh dari rumah, bahkan sampai di luar kota. Dibandingkan harus pergi-pulang setiap hari yang pastinya menghabiskan ongkos dan waktu di jalan, ditambah padatnya aktivitas kuliah, tentunya lebih efektif bagi sang buah hati untuk tinggal dekat kampus.

Indekost atau mengontrak rumah adalah alternatif paling umum yang sejak dulu telah dilakukan mahasiswa perantau. Atau bagi yang punya tabungan lebih, bisa mencicil rumah tinggal berukuran mungil sebagai bentuk investasi. Saat ini dengan meningkatnya pertumbuhan properti dan berkembang gaya hidup masyarakat, ada cara lain yang mulai populer dilakukan, yaitu dengan membeli apartemen dekat kampus.

Selain harganya relatif terjangkau dan ketersediaannya lebih banyak dibandingkan rumah tapak, apartemen dinilai lebih praktis dan fleksibel bagi mahasiswa, serta memiliki nilai investasi yang tinggi. Menurut Ferry Salanto, Associate Director Colliers Internasional Indonesia (perusahaan konsultan properti), menuturkan, saat ini pertumbuhan apartemen dengan harga terbatas (di bawah Rp500 jutaan) di sekitar kampus memang terbilang pesat.

Di Jabodetabek, apartemen seperti ini bermunculan di daerah yang memiliki lebih dari satu kampus besar dalam satu kawasan, seperti Grogol, Lenteng Agung, Salemba, Margonda, hingga Tangerang. Adapun di luar kota yang pertumbuhan apartemen dekat kampusnya terbilang pesat adalah Kota Surabaya. Adapun harga yang ditawarkan per unit, umumnya terjangkau, yaitu mulai Rp300 jutaan, tergantung spesifikasi dan fasilitas yang disediakan. Pasar ini dibuat untuk menyesuaikan dengan konsumen yang rata-rata mahasiswa sehingga dapat bersaing dengan rumah kontrakan atau kamar kos.

“Apartemen lebih fleksibel, tidak dibatasi peraturan seperti di kos-kosan, banyak fasilitas, dan lebih bergengsi. Mahasiswa juga bisa menyewa bareng temannya sehingga cost-nya lebih murah. Karenanya, saat ini populer dijadikan alternatif tempat tinggal dekat kampus,” ujar Rizal Gobi, Senior Research Executive Colliers International Indonesia.

Selain bisa disewakan untuk jangka waktu yang panjang, apartemen yang dipakai saat kuliah ini juga bisa dijual kembali. Solusi ini cocok untuk keluarga yang tidak mau repot atau domisilinya terlalu jauh dari apartemen.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8642 seconds (0.1#10.140)