Kehadiran BBM Pertalite Berikan Konsumen Pilihan

Kamis, 21 Mei 2015 - 06:01 WIB
Kehadiran BBM Pertalite Berikan Konsumen Pilihan
Kehadiran BBM Pertalite Berikan Konsumen Pilihan
A A A
JAKARTA - Rencana Pertamina meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dinilai memberikan banyak pilihan bagi konsumen. Bagi yang mampu bisa membeli pertamax ke atas, dan bagi yang belum mampu menggunakan RON terendah premium.

Pengamat perlindungan konsumen Indah Sukmaningsih memandang langkah yang diambil Pertamina sudah tepat. Bagi yang ingin mesin kendaraannya lebih terawat namun kondisi keuangan kurang mendukung pertalite menjadi alternatif.

"Diversifikasi produk tersebut, sudah sesuai dengan esensi perlindungan konsumen yang memberikan banyak pilihan sesuai strata yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Diversifikasi produk sangat penting, mengingat strata ekonomi di Indonesia yang begitu lebar," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/5/2015).

Bahkan dalam berbagai teori perlindungan konsumen, lanjut Indah, banyaknya pilihan memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen. Bagi konsumen yang sekarang bisa membeli produk dengan kualitas tinggi, belum tentu kemudian hari memiliki daya beli yang sama. Ada kalanya, konsumen tersebut nanti hanya mampu membeli produk dengan kualitas lebih rendah.

“Ibarat konsumen obat. Ada kalanya mampu membeli obat paten, namun ada kalanya membeli generik. Semua terserah pada konsumen. Itu sebabnya diverfikasi produk semacam itu merupakan solusi dari kondisi konsumen saat ini,” katanya.

Dalam konteks itulah Indah menegaskan, tak perlu ada keraguan terhadap rencana peluncuran pertalite. Bahkan sebagai BUMN, Pertamina dinilai kreatif dan mampu membaca pasar, karena di sana ada peluang yang bisa ditangkap.

“Dan yang penting, kehadiran Pertalite tidak akan menghapus Premium. Justru kehadiran pertalite menjadikan pilihan lebih warna-warni. Maka sangat aneh jika orang malah meributkan kehadiran pertalite,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5681 seconds (0.1#10.140)