MNC Land Bagi Dividen Rp68 M

Jum'at, 22 Mei 2015 - 08:30 WIB
MNC Land Bagi Dividen Rp68 M
MNC Land Bagi Dividen Rp68 M
A A A
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT MNC Land Tbk (KPIG) menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp68 miliar kepada pemegang saham, atau 17,56% dari laba bersih tahun 2014 sebesar Rp386,57 miliar.

”Kami membagi keuntungan untuk tiga keperluan, salah satunya dividen. Dividen tunai final akan dibagikan kepada seluruh pemegang saham, di mana masing-masing proporsional Rp10 per saham,” ujar Wakil Direktur Utama MNC Land M Budi Rustanto seusai RUPST di MNC Tower, Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut dia mengatakan, sisa laba bersih sebesar Rp1 miliar akan dibukukan sebagai dana cadangan guna memenuhi anggaran dasar perseroan, dan selebihnya dialokasikan sebagai laba ditahan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan. Permodalan dibutuhkan untuk target ke depan dalam membangun kawasan wisata terintegrasi di Lido dan Bali.

”Kami fokus pada dua pengembangan kawasan kebutuhan lifestyle and entertainment di Lido, Bogor. Dan, proyek kedua di bawah kelolaan KPIG, Bali Nirwana Resort (BNR) yang memiliki lahan seluas 103 hektare (ha) dan ini merupakan salah satu pemilik lahan luas yang terintegrasi di sana,” terangnya.

Menurut dia, perseroan telah berencana meningkatkan daerah tersebut dengan menambah hotel bertaraf internasional, vila mewah, dan beberapa fasilitaspenunjang, seperti convention centre dan wellness medical spa. Dia mengatakan, tahun depan perseroan menargetkan mulai melaksanakan pengerjaan hotel, vila, dan beberapa proyek tahap pertama.

Dalam RUPST kemarin MNC Land juga merombak jajaran direksi dan komisaris. Budi menjelaskan, perseroan menerima pengunduran diri Hari D Tampubolon selaku direktur perseroan. Ini berlaku efektif sejak ditutupnya rapat kemarin. Selanjutnya, RUPST menyetujui pengangkatan Susaningtyas Nefo H Kertopati selaku komisaris independen perseroan.

”Perseroan juga mengangkat Stien Maria Schouten sebagai komisaris independen. Kemudian dalam jajaran direksi, perseroan menyetujui pengangkatan Sandra Hadinata sebagai direktur independen,” ujarnya. Secara terperinci, jajaran dewan komisaris perseroan kini terdiri dari Amir Abdul Rachman sebagai komisaris utama, Liliana Tanaja (komisaris), Christ Soepontjo (komisaris), Susaningtyas Nefo H Kertopati (komisaris independen), dan Stien Maria Schouten (komisaris independen).

Sementara, jajaran direksi terdiri dari Hary Tanoesoedibjo selaku direktur utama, M Budi Rustanto selaku wakil direktur utama, Herman Heryadi Bunjamin sebagai wakil direktur utama, Michael S Dharmajaya sebagai direktur, Dipa Simatupang sebagai direktur, dan Aida Sandra Hadinata sebagai direktur independen. Selama 2014 MNC Land tercatat berhasil membukukan kenaikan laba bersih sebesar 39% menjadi Rp387 miliar dari Rp278 miliar pada 2013.

Naiknya laba bersih perseroan didukung bertambahnya pendapatan sebesar 72,28% menjadi sebesar Rp1,01 triliun dibandingkan 2013 sebesar Rp588 miliar. Perseroan juga mencatatkan kenaikan EBITDA sebesar 83% pada 2014 menjadi Rp350 miliar, dari Rp192 miliar di tahun sebelumnya. Kinerja MNC Land menguat di tahun 2014 karena didukung oleh meningkatnya pendapatan dari sektor hotel, resor dan golf, menjadi Rp633 miliar atau naik 51% year on year (yoy). Sektor tersebut memberikan kontribusi sebesar 65% terhadap pendapatan.

Sementara, kontribusi sewa ruang perkantoran menyumbang pendapatan sebesar Rp128 miliar atau tumbuh sebesar 8% dibandingkan dengan tahun 2013. ”Tahun ini target pendapatan Rp1,4 triliun, naik 35-40% dari tahun lalu. Diharapkan, porsi recurring income bisa 65%,” imbuhnya.

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5066 seconds (0.1#10.140)