Jokowi Bakal Rombak Fungsi Bulog

Rabu, 27 Mei 2015 - 10:51 WIB
Jokowi Bakal Rombak...
Jokowi Bakal Rombak Fungsi Bulog
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal merombak fungsi Perum Bulog yang saat ini sebagai penyangga utama pangan nasional, terutama beras.

Nantinya, Bulog tidak hanya mengurus masalah perberasan, namun juga komoditas pangan strategis lainnya.

Hal ini dikatakan Jokowi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2015 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

"Kita juga ingin merombak fungsi Bulog sebagai penyangga, nantinya tidak hanya masalah beras (yang diurus Bulog), tapi juga komoditas lain," katanya di Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan, saat ini rencana perombakan fungsi dan tugas Bulog masih menunggu legalitas regulasi dan kelembagaan. Jika urusan birokrasi selesai maka Bulog akan menjalankan tugas barunya.

"Tapi sekarang ini masih proses revisi regulasi dan kelembagaan," tandas mantan Wali Kota Solo itu.

‎Sebelumnya, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santoso mengatakan, Perum Bulog sudah tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik dan sudah saatnya dibubarkan.

Pasalnya, Bulog sebagai penyangga utama pangan nasional tidak mampu menjalankan fungsinya untuk menstabilkan harga pangan.

Dia mengatakan, semenjak status Bulog diubah menjadi perusahaan umum, fungsinya sebagai penyangga pangan nasional menjadi terabaikan. Bulog justru lebih fokus mencari keuntungan.

"Bulog sebagai penyangga pangan diturunkan sedalamnya karena dirombak jadi perum, dia sulit, perum kan harus untung. Kalau tidak untung pimpinannya diganti, sudah tidak ada lagi misi stabilisasi pangan, apalagi misi sejahterakan petani," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0465 seconds (0.1#10.140)