Jokowi Akan Bangun Pasar Lelang

Rabu, 27 Mei 2015 - 13:20 WIB
Jokowi Akan Bangun Pasar Lelang
Jokowi Akan Bangun Pasar Lelang
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membangun pasar lelang untuk komoditas pangan di beberapa daerah. Hal ini dalam rangka memperbaiki tata niaga pangan dan meredam terjadinya permainan harga yang dilakukan para tengkulak.

"Kita juga mau bangun pasar lelang untuk komoditas pangan di daerah," ucapnya dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakorkas) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2015, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Dia yakin melalui sistem pasar lelang ini para petani akan diuntungkan. Sebab, selama ini para tengkulak kerap merugikan petani dengan permainan harga. "Yang akan mendapatkan untungnya yakni produsen dalam hal ini petani," imbuh dia.

Sistem pasar lelang, lanjut Jokowi, telah diberlakukan di berbagai negara. Hal ini akan menciptakan transparansi harga berbagai komoditas pangan seperti beras, cabai, daging, jagung, dan lainnya.

"Semua negara lakukan itu. Dengan pasar lelang, komoditas pangan ini akan kelihatan berapa harga sebenarnya dari beras, cabai, jagung," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4504 seconds (0.1#10.140)