BRI Kembangkan Layanan Perbankan

Rabu, 03 Juni 2015 - 10:54 WIB
BRI Kembangkan Layanan Perbankan
BRI Kembangkan Layanan Perbankan
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggandeng beberapa business partner perbankan Malaysia dalam melakukan ekspansi di berbagai bidang layanan perbankan.

Kerja sama bidang layanan perbankan antara Bank BRI dengan institusi perbankan Malaysia meliputi beberapa bidang, seperti business partnership antara Bank BRI dengan Bank Kerja Sama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) untuk pelayanan transaksi remitansi TKI kepada keluarganya di Tanah Air dengan memanfaatkan 145 jaringan kantor cabang bank. Selain itu, pengembangan fungsi pelayanan pembiayaan inklusif kepada TKI dalam bentuk pembukaan rekening tabungan TKI saat pra-keberangkatan.

”Serta, pemberian pembiayaan kepada calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) yang akan berangkat ke luar negeri dan pengiriman uang gaji TKI kepada keluarganya di Tanah Air melalui pelayanan remitansi dengan memanfaatkan jaringan Bank Kerja Sama Rakyat Malaysia Berhad,” kata Corporate Secretary Bank BRI Budi Satria dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Selanjutnya, ungkap dia, pemanfaatan produk perbankan Bank Kerja sama Rakyat Malaysia Berhad dan Bank BRI untuk pelayanan produk berkartu. Bukan hanya itu, kata Budi, kerja sama ini juga sebagai pemanfaatan sarana e-banking serta pemanfaatan jaringan kerja kedua belah pihak secara optimal untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan pelayanan kepada publik.

Budi mengungkapkan, Malaysia merupakan negara dengan nilai strategis dalam bidang ekonomi, terutama mengingat bahwa Malaysia merupakan negara kerja utama TKI yang menjadi sumber devisa bagi Indonesia. Sepanjang periode Januari-Desember 2014 sebanyak 127.827 orang dari total penempatan 429.872 orang TKI ditempatkan di Malaysia atau menempati porsi terbesar dari seluruh negara tujuan kerja TKI yaitu 29,73%.

Di sisi lain Malaysia merupakan negara dengan sumber transaksi remitansi terbesar kedalam negeri dengan jumlah nilai transaksi remitansi nasional tahun 2014 sebesar USD2,54 miliar atau setara dengan Rp32,98 triliun. Angka itu menempati porsi30,43% dari total nilai remitansi seluruh negara tujuan kerja utama TKI sebesar USD 8,34 miliar atau Rp103,31 triliun.

Bank BRI dengan jumlah jaringan kerja sebesar 10.396 kantor pelayanan perbankan dan 152.443 jaringan kerja echanel memiliki competitive advantage di bidang pelayanan remittance bagi keluarga TKI di Tanah Air, terutama bagi TKI yang berada di Malaysia.

Lebih lanjut dia menuturkan, saat ini perseroan memiliki 47 business partner dalam bentuk bank, remittance company maupun operator money transfer di berbagai koridor negara tujuan kerja utama TKI di luar negeri. Hingga akhir tahun 2014 total nilai remittance TKI yang dikirim melalui jaringan kerja BRI sebanyak 3,5 juta transaksi dengan nilai remittance sebesar Rp13,65 triliun yang disalurkan TKI kepada keluarganya di seluruh penjuru tanah air.

Selain itu perseroan juga telah menempatkan remittance representative di negara Malaysia dan Dubai untuk representative BRI terhadap koresponden, pelayanan langsung ke nasabah BRI yang di luar negeri, dan meningkatkan business patner .

Kunthi fahmar sandy
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5418 seconds (0.1#10.140)