Kinerja Buruk, Alasan Dirut Bulog Dipecat

Senin, 08 Juni 2015 - 13:56 WIB
Kinerja Buruk, Alasan Dirut Bulog Dipecat
Kinerja Buruk, Alasan Dirut Bulog Dipecat
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memecat Lenny Sugihat dari tampuk kepemimpinannya sebagai Direktur Utama (Dirut) Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Benar (dilengserkan). Nanti siang dilantik Dirut yang baru jam 13.00 WIB di lantai 13 kantor Kementerian BUMN," ucap Kepala Divisi Komunikasi Kementerian BUMN Teddy Poernomo saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (8/6/2015).

Sayangnya, Teddy masih enggan membocorkan mengenai pengganti Lenny Sugihat sebagai Dirut Perum Bulog. Dia mengaku belum mengantongi informasi tersebut.

"Informasi itu saya belum dapat. Tapi nanti bisa dilihat saat pelantikan. Yang akan melantik Bapak Deputi (Deputi bidang Usaha Industri Primer Kementerian BUMN Muhammad Zamkhani)," ujarnya.

Di tempat terpisah, Zamkhani mengatakan, pihaknya akan memberhentikan Lenny lantaran Bulog tidak menampilkan kinerja yang baik sejak awal kepemimpinan Lenny.

"Kalau nanti sudah diputuskan pasti kita akan publish. Siang ini ada agenda penyerahan SK-nya," ujar Zamkhani di Kantor Kemenko bidang Perekonomian usai rapat koordinasi soal perkebunan kelapa sawit, Jakarta Pusat, hari ini.

Dia juga membenarkan bahwa kinerja Bulog yang belum sesuai harapan sejak awal kepemimpinan Lenny. Salah satunya yakni minimnya penyerapan gabah Bulog sebanyak 1,2 juta ton, hal itu meleset dari target penyerapan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebesar 4 juta ton di 2015.

"Banyak target yang meleset. Ini supaya Bulog lebih kencang lagi, seperti soal penyerapan gabah. Saat ini kan masih kurang. Target Pak Presiden kan 4 juta ton, sekarang baru 12 juta ton. Sedangkan panen peak-nya kan hanya tiga bulan," ungkapnya.

Dipecatnya Lenny tentunya akan membuka peluang bagi nama baru untuk menggantikan posisi Dirut di Bulog. Namun Zamkhani mengakui hingga saat ini pihaknya belum mempunyai pengganti untuk jabatan Dirut Bulog tersebut.

"Belum ada nama-nama penggantinya. Nanti kalau sudah, kita sebutkan," tandasnya.

Seperti diketahui, Lenny Sugihat ditunjuk sebagai Direktur Utama Bulog oleh Menteri BUMN Rini Soemarno pada awal tahun ini. Lenny menggantikan Dirut Bulog sebelumnya Sutarto Alimoeso yang telah memasuki masa pensiun.

Baca: Dirut Bulog Dipecat, Ini Tanggapan Rachmat Gobel
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6330 seconds (0.1#10.140)