Luncurkan Aplikasi Musik Baru, Apple Siap Saingi Spotify

Rabu, 10 Juni 2015 - 08:05 WIB
Luncurkan Aplikasi Musik Baru, Apple Siap Saingi Spotify
Luncurkan Aplikasi Musik Baru, Apple Siap Saingi Spotify
A A A
KALIFORNIA - Apple mengumumkan aplikasi baru yang menggabungkan lagu streaming dan pustaka video musik, stasiun radio internet dan cara musisi membagikan lagu atau materi lain yang belum diluncurkan.

Aplikasi ini termasuk sistem rekomendasi yang menggunakan kurator manusia dan algoritma komputer untuk menyarankan sejumlah lagu pada pengguna. Layanan ini dibuat untuk menyaingi Spotify, Tidal, dan aplikasi musik lainnya. Apple juga mengumumkan bahwa Inggris akan menjadi negara pertama yang mendapatkan layanan Apple Pay di luar Amerika Serikat (AS).

”Banyak orang diindustri melihat peluncuran layanan musik sebagai hal yang besar, dan mereka berharap ini akan membantu menjadi arus utama streaming berbasis langganan,” paparChris Cooke dari Complete Music Update, dikutip BBC. ”Tapi, Spotify memiliki level gratis yang didukung iklan untuk membantu menjual paketpaket premiumnya, sedangkan Apple tidak memiliki, jadi ini tetap memiliki poin penjualan unik,” tutur Cooke.

Layanan Apple memperkenalkan stasiun radio Beats 1, yang dikelola oleh mantan DJ BBC Zane Lowe. Aplikasi itu juga bekerja dengan asisten virtual yang dikontrol suara, Siri, milik Apple, yang mengizinkan pelanggan meminta aplikasi itu memainkan lagu dari soundtrack film atau tanpa harus tahu nama track -nya. ”Apple datang terlambat di bisnis streaming musik, karena Steve Jobs menolak untuk yakin bahwa layanan langganan musik akan bisa menghasilkan,” ungkap James McQuivey dari firma konsultan Forrester.

Meski demikian, dia yakin Apple mampu menghadapi pemimpin pasar, Spotify dalam waktu kurang setahun. Saat ini Spotify memiliki 15 juta pelanggan berbayar. Analis lain menilai Apple mungkin menghadapi tantangan untuk menjelaskan semua fitur yang ditawarkannya. ”Apple Music itu campuran layanan yang rumit termasuk streaming musik, live radio, pencarian musik, dan interaksi sosial dengan para musisi,” papar Geoff Blaber dari CCS Insight.

”Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini yang ditunggu para pengguna, tapi basis pemasangan Apple, tiga bulan langganan gratis dan paket keluarga merupakan sesuatu yang harus dikhawatirkan oleh para pesaing Apple.

” Apple menjelaskan, layanan ini akan diluncurkan di lebih dari 100 negara pada 30 Juni dan akan dikenai biaya USD9,99 per bulan di AS untuk satu pengguna, sama dengan Spotify. Adapun, Apple mengenakan biaya sebesar USD14,99 per bulan untuk keluarga, berisi layanan untuk enam orang.

Syarifudin
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6664 seconds (0.1#10.140)