Mendag: Tol Cikopo-Palimanan Pangkas Biaya Logistik

Jum'at, 12 Juni 2015 - 21:51 WIB
Mendag: Tol Cikopo-Palimanan Pangkas Biaya Logistik
Mendag: Tol Cikopo-Palimanan Pangkas Biaya Logistik
A A A
TANGERANG - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengklaim, pengoperasian Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok (13/6/2015), dapat membantu kelancaran arus barang untuk wilayah Jawa. Sehingga, biaya logistik dapat dipangkas.

"Dengan dibukanya jalan tol ini akan memudahkan, dan lebih bisa mempercepat distribusi dari daerah-daerah untuk mengisi pasar-pasar," ujar Mendag di Tangerang, Jumat (12/6/2015).

Menurutnya, kemacetan yang terjadi di jalur Pantura kerap menjadi biang keladi kenaikan harga barang kebutuhan pokok. Sebab, terhambatnya arus pendistribusian barang menjadikan harga barang hingga sampai ke tangan konsumen menjadi mahal.

"Karena salah satu yang menyebabkan harga naik di logistik itu sendiri, sehingga ada kenaikan cost," imbuhnya.

Selain melalui pembangunan jalan bebas hambatan, berbagai program pembangunan infrastruktur jalan yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) diharapkan mampu menekan biaya logistik nasional.

"Diharapkan dengan adanya itu, tentu dengan yang diupayakan Menteri PURR untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur bisa menekan cost dari produk itu sendiri," tegas Rachmat.

Sekadar informasi, jalan tol yang menjadi penghubung tol Jakarta-Cikampek dan Tol Palimanan-Pejagan ini membentang sepanjang 116,75 Km. Jalan bebas hambatan ini diharapkan mampu memangkas jarak Cikampek-Palimanan hingga 40 kilometer (km) dibanding pengendara melewati Jalur Pantura.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5376 seconds (0.1#10.140)