Pertamina Tambah Pasokan BBM dan Elpiji

Senin, 22 Juni 2015 - 02:07 WIB
Pertamina Tambah Pasokan BBM dan Elpiji
Pertamina Tambah Pasokan BBM dan Elpiji
A A A
SEMARANG - Mengantisipasi lonjakan permintaan selama Ramadan dan mudik Lebaran 2015, PT Pertamina (Persero) MOR IV Jateng-DIY menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas elpiji.

GM PT Pertamina (Persero) MOR IV Jateng-DIY, Kusnendar mengatakan, penambahan pasokan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam memperoleh BBM dan Elpiji di wilayah Jateng dan DI Yogyakarta.

Dia menjelaskan, Pertamina mempersiapkan tabahan premium sebanyak 40% dari konsumsi rata-rata harian. Sementara untuk solar, Pertamina melakukan penambahan sebesar 7% dari hari biasa meskipun tren setiap tahun konsumsi Solar mengalami penurunan, selama musim mudik Lebaran.

Untuk BBM jenis pertamax, pertamax plus, dan pertamina dex, dikarenakan permintaan yang cukup signifikan dari konsumen, pada musim mudik 2015, Pertamina menambahkan sebesar 469% untuk pertamax, 139% untuk pertamax plus, dan 60% untuk pertamina dex, dibandingkan periode yang sama 2014.

"Untuk Solar biasanya memang mengalami penurunan, namun untuk mengantisipasi kami tetap melakukan penambahan,” ujarnya, Minggu (21/6/2015). (Baca: Selama Lebaran, SPBU di Jalur Mudik Wajib Operasi 24 Jam)

Untuk memperlancar pasokan, lanjut Kusnendar, Pertamina telah mempersiapkan 19 titik SPBU kantong yang tersebar di jalur Pantura dan Selatan. SPBU kantong yang ditunjuk sebagai tempat mobil tangki berisi BBM yang akan dikirimkan ke SPBU yang membutuhkan, di area terdekat.

“Langkah ini diperlukan untuk mengantisipasi hambatan distribusi akibat kemacetan lalu lintas,” imbuhnya.

Untuk memenuhi kebutuhan gas rumah tangga, untuk elpiji 3 kg bersubsidi Pertamina menambah sebanyak 10% dari rata-rata hari normal pada saat H-10 dan H+10. Selain itu, ada penambahan stok elpiji 12 kg sebanyak 5% dari rata-rata harian normal pada saat H-10 dan H+10.

Baca juga:

Pertamina Konsentrasi Pasokan BBM Lebaran

BBM Selama Ramadan-Lebaran Diharapkan Tak Naik

Masyarakat Protes Harga BBM Premium Naik Usai Lebaran
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3143 seconds (0.1#10.140)