DPR: Percuma Investasi Triliunan untuk Kalibaru

Senin, 29 Juni 2015 - 20:18 WIB
DPR: Percuma Investasi Triliunan untuk Kalibaru
DPR: Percuma Investasi Triliunan untuk Kalibaru
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azzam Azman Natawijana mengungkapkan, investasi triliunan rupiah yang digelontorkan PT Pelindo II (Persero) untuk pembangunan Pelabuhan Kalibaru akan percuma jika persoalan lamanya waktu sandar kapal (dwelling time) di pelabuhan tidak teratasi.

Seperti diketahui, BUMN pelabuhan tersebut menggelontorkan investasi sebesar Rp40 triliun untuk megaproyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru (New Priok Port).

"Kalau masalah ini (dwelling time) tidak terselesaikan, percuma pelabuhan Kalibaru yang investasinya Rp40 triliun ini akan selesai. Pasti waktunya akan lama. Butuh waktu berapa lama lagi? Ini akan sama saja," katanya di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Menurutnya, kondisi di pelabuhan saat ini banyak terjadi keterlambatan. Bahkan, saat barang diproses dan diperiksa Ditjen Bea Cukai, si pemilik justru tidak segera mengambil barangnya tersebut. (Baca: Waktu Tunggu di Pelabuhan Seharusnya Tidak Lebih Tiga Hari)

"Tadi disampaikan masalah Bea Cukai sudah lebih bagus saat ini. Tapi ketika sudah di Bea Cukai, barang itu tidak diambil oleh pemiliknya. Ini perlu peraturan Menteri Perhubungan lagi, untuk bisa langsung diambil agar tidak terjadi penumpukan area pelabuhan. Ini harus diubah," tegas dia.

Selain kendala yang terjadi di Bea Cukai, permasalahan pelik pelabuhan Tanjung Priok adalah tidak berfungsinya layanan terpadu satu pintu yang digemborkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terlebih, kepengurusan dokumen masih menggunakan kertas (hard copy) dan tidak sistem elektronik.

"Roh-nya susah betul, tetapi kalau masih hard copy yang bergerak, enggak akan jalan. Ini sudah harus elektronik, hard copy ini adalah sumber segala permasalahan, kalau sudah elektronik sudah terkontrol, di mana lambatnya bisa kelihatan," pungkasnya.

Baca Juga:

Dirut Pelindo II Sebut Jokowi Jadi Korban Sandiwara

Pelindo II sejak Dulu Terkenal Lelet dalam Pelayanan

Pengusaha Dukung Presiden Bongkar Ketidakefisienan Pelindo II
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2286 seconds (0.1#10.140)