AXA Drive Bantu Mengukur Keterampilan Pengemudi

Rabu, 01 Juli 2015 - 11:20 WIB
AXA Drive Bantu Mengukur Keterampilan Pengemudi
AXA Drive Bantu Mengukur Keterampilan Pengemudi
A A A
JAKARTA - PT Asuransi AXA Indonesia (AXA) meluncurkan aplikasi smartphone AXA Drive untuk mengukur keterampilan mengemudi.

Aplikasi ini dilengkapi peta yang telah disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Indonesia. Presiden Direktur AXA Paul Henri Rastoul mengatakan, peluncuran aplikasi tersebut didorong masih banyaknya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013 terjadi 100.106 kecelakaan yang mengakibatkan 26.416 korban meninggal dunia.

Selain itu, terdapat 28.438 korban luka berat dan 110.448 korban luka ringan. ”AXA Drive diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengemudi sehingga mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya,” ujar Rastoul, di Jakarta, kemarin. Dia menambahkan, aplikasi AXA Drive memungkinkan pengemudi untuk dapat merekam akselerasi, pengereman, dan berbelok saat berkendara.

Di samping itu, aplikasi tersebut juga dapat ditampilkan di media sosial. ”Pada akhir perjalanan, pengemudi akan mendapatkan penilaian akhir berdasarkan cara mengemudi yang dilengkapi dengan peta. Pengemudi juga dapat mendapatkan tipstips mengemudi yang baik dan aman,” kata dia.

Rastoul mengatakan, dari sejumlah penyebab kecelakaan lalu lintas, faktor manusia diyakini menjadi faktor utama di samping kondisi kendaraan, jalan dan cuaca. ”Faktor manusia paling dominan karena terjadi akibat melanggar peraturan dan tidak memperhatikan faktor keselamatan,” katanya.

Chief Distribution Officer AXA Indonesia Banua Sianturi mengatakan, peluncuran aplikasi merupakan salah satu kepedulian perusahaan terhadap tingginya angka kecelakaan di Indonesia. ”Sebentar lagi mudik dan sering terjadi kecelakaan di jalan. Aplikasi ini tepat untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh dan mempersiapkan kemampuan berkendaraannya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, AXA Drive dapat menjadi tolok ukur para penggunanya untuk sadar akan keselamatan mengemudi. Hal ini diharapkan turut menekan kecelakaan melalui pemahaman dan pendidikan mengenai mengemudi. Menurut Banua, aplikasi ini berbeda dengan aplikasi maps lainnya karena lebih fokus dengan kenyamanan dan keamananmengemudi.

Arsy ani s
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6911 seconds (0.1#10.140)