Sistem Cadangan BEI Perlu Diuji

Kamis, 09 Juli 2015 - 14:11 WIB
Sistem Cadangan BEI Perlu Diuji
Sistem Cadangan BEI Perlu Diuji
A A A
JAKARTA - Direktur Utama MNC Securities Susy Meilina menyampaikan, sistem cadangan yang dimiliki PT Bursa Efek Indonesia (BEI) perlu diuji untuk memastikan dapat berjalan dengan baik jika terjadi gangguan pada sistem utama.

Dengan demikian, jika terjadi gangguan, tidak perlu khawatir karena tetap bisa melakukan aktivitas perdagangan. Adapun lokasi pemulihan sistem tersebut berada di Bogor, Jawa Barat.

"Sebenarnya sekarang punya disaster recovery center. Sudah punya di Bogor. Harusnya kalau sampai terjadi gangguan tetap bisa lakukan aktivitas trading," katanya di Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Namun, menurut dia, sistem cadangan ini masih harus dilihat lagi kehandalannya, jangan sampai terhenti karena akan mmebuat panik investor dan mengganggu transaksi perdagangan.

Untuk memastikan dapat berjalan dengan baik, dia menuturkan, harus dilakukan tes terlebih dahulu. Sistem cadangan tersebut belum teruji karena semenjak dibangun, belum ada gangguan sistem di BEI.

"Ini harus dipastikan dengan tes dan segala macam. Kita belajar dari masa lalu. Kalau marketnya Rp7 triliun sehari, (kalau terjadi gangguan) sehari bisa kehilangan banyak," pungkasnya.

Baca:

OJK: BEI Punya Sistem Cadangan Antisipasi Gangguan

Gangguan Teknis Juga Pernah Terjadi di BEI

Bursa NYSE Terhenti, Obama Pantau 24 Jam)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4693 seconds (0.1#10.140)