Sepi Sentimen Positif, Rupiah Diprediksi Koreksi

Senin, 27 Juli 2015 - 08:41 WIB
Sepi Sentimen Positif,...
Sepi Sentimen Positif, Rupiah Diprediksi Koreksi
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini dipprediksi akan kembali terkoreksi seiring sepinya sentimen positif yang ada.

"Melihat belum adanya sentimen positif yang signifikan dapat dijadikan pegangan untuk penguatan rupiah. Belum adanya tanda-tanda penguatan rupiah dapat membuat laju rupiah dapat kembali melemah," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Senin (27/7/2015).

Karena itu, dia menyarakankan, untuk tetap mengantisipasi serta mencermati setiap sentimen yang dirilis. Reza memprediksi Rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp 13.438-Rp13.455/USD.

Sementara posisi rupiah akhir pekan lalu berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp13.448/USD atau terdepresiasi 54 poin dibanding penutupan sebelumnya di Rp13.394/USD.

Pada akhir pekan lalu, turunnya indeks manufaktur China berimbas pada pelemahan nilai tukar yuan. Begitupun dengan masih melemahnya harga komoditas, terutama harga komoditas logam, sehingga berimbas pada penguatan laju USD.

"Akibatnya tentu rupiah masih menjadi pesakitan. Adanya berita positif rencana OJK untuk membangkitkan industri perbankan melalui 12 kebijakan relaksasinya tidak terlalu direspon positif," tuturnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5666 seconds (0.1#10.140)