BI Prediksi Inflasi Juli 0,8%

Minggu, 02 Agustus 2015 - 13:46 WIB
BI Prediksi Inflasi...
BI Prediksi Inflasi Juli 0,8%
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi, inflasi pada Juli 2015 berada pada angka 0,8%. Angka ini menunjukkan kondisi yang cukup terkendali, dibanding inflasi selama lima tahun terakhir.

"Tapi kalau dibanding prediksi awal yang 1,12%, maka kalau 0,8% artinya di bawah prediksi. Dan itu menunjukkan lagi kondisi yang baik dari pengendalian inflasi," kata Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo di Jakarta akhir pekan.

Agus menyebutkan, secara year on year (yoy0, inflasi per akhir Juli 2015 akan berada di kisaran 7,13%. Inflasi Juli didukung oleh beberapa faktor seperti koreksi harga yang menurun, salah satunya harga telur ayam.

"Untuk itu, BI optimistis inflasi hingga akhir 2015 sesuai target awal yaitu berkisar 4% plus minus 1%," imbuh dia.

Pihaknya pun telah mengantisipasi dan berkoordinasi dengan pemerintah terhadap risiko el Nino.

"Kami dari awal tahun sudah antisipasi dan sudah berkoordinasi dengan pemerintah tentang risiko el nino. Tahun lalu juga khawatir dengan risiko el nino tapi tidak terjadi," papar Agus.

Jika tahun ini ancaman el nino datang, dia meyakini pemerintah sudah mempersiapkan dengan menjaga pasokan pangan selama satu tahun.

"Yang paling penting adalah tersedianya pasokan dan distribusi dengan baik. Kalau pasokan tersedia dan distribusi baik pasti harga akan terjaga," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0285 seconds (0.1#10.140)