alexametrics

APRIL Hibahkan Rp100 Juta ke Tiap Desa Rawan Kebakaran

loading...
APRIL Hibahkan Rp100 Juta ke Tiap Desa Rawan Kebakaran
APRIL Hibahkan Rp100 Juta ke Tiap Desa Rawan Kebakaran
A+ A-
JAKARTA - Produsen bubur kayu dan kertas nasional Asia Pacific Resources International Holdings Ltd (APRIL) kembali meluncurkan program Desa Bebas Api.

Sebuah program kerja sama multipihak yang bertujuan mencegah kebakaran. APRIL, melalui unit bisnisnya, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bakal menghibahkan Rp100 juta dana pembangunan bagi desa yang berhasil mencegah terjadinya kebakaran.

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur RAPP-APRIL Rudi Fajar menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan desa, aparat penegak hukum, militer, pemerintah setempat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan LSM untuk menjalankan program Desa Bebas Api. ”Program tahun ini mencakup sembilan desa rawan kebakaran di sekitar sungai Kampar,” katanya saat meluncurkan program itu di Kerinci, Pelalawan, Riau, pekan lalu.

Rudi mengatakan, program Desa Bebas Api menggunakan lima pendekatan termasuk insentif bagi masyarakat yang tidak membakar lahan, membangun kepemimpinan dalam pencegahan kebakaran, memberikan pertanian alternatif yang berkelanjutan, pemantauan kualitas udara, dan penyuluhan tentang dampak negatif kebakaran.

Mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengapresiasi dan menyebut program Desa Bebas Api sebagai solusi baru untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan. ”Memang harus ada solusi out of the box yang di luar kebiaasan untuk menghentikan kebakaran hutan dan lahan,” kata Moeldoko yang hadir pada acara tersebut.

RAPP/APRIL Group telah menerapkan kebijakan pengolahan lahan tanpa bakar yang ketat sejak pertama kali beroperasi tahun 1994.

Sudarsono
(ftr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top