Pemerintah Tawarkan Kerja Sama ke Korea

Selasa, 04 Agustus 2015 - 11:01 WIB
Pemerintah Tawarkan Kerja Sama ke Korea
Pemerintah Tawarkan Kerja Sama ke Korea
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menawarkan kerja sama pembangunan jalan tol kepada Pemerintah Republik Korea terkait pembangunan jalan tol Palembang- Pelabuhan Tanjung Api Api di kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Tol Palembang-Pelabuhan Tanjung Api Api merupakan proyek strategis sepanjang 80 km yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya. ”Kami menawarkan tol ini sebab lokasinya juga sangat strategis, sehingga diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi dengan cepat. Di sisi lain, jalur tol ini juga sangat layak (feasible ) terutama sebagai jalur distribusi batu bara dengan rata-rata produksi 10 juta ton per tahun,” ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto Husaini seusai bertemu dengan Asisten Menteri Jalan Republik Korea di Jakarta kemarin Hediyanto mengatakan, pemerintah sangat serius dalam membangun infrastruktur, terutama di Sumatera.

Jalan tol tersebut ditargetkan bisa rampung konstruksi pada 2018. Asisten Menteri Jalan Republik Korea Kim Il Pyeong menyambut baik tawaran tersebut. Menurut dia, pemerintahnya telah mengetahui rencana pembangunan jalur tol tersebut dan terus mengamati perkembangan mengenai proyek tersebut. ”Kami mendukung pembangunan jalur tol tersebut dan memperhatikan peluang kerja sama yang bisa dilakukan kedua negara,” ucapnya.

Sebagai informasi, Republik Korea merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. Pertumbuhan tersebut dipicu gencarnya pembangunan infrastruktur. Kim mengungkapkan bahwa pemerintahnya telah membangun4.000kmjalan, dan saat ini sedang membangun 900 km jalan tambahan. ”Wilayah Korea memang tak sebesar Indonesia, namun kami juga ada pengalaman membangun jalan dan jembatan,” ujarnya.

Jalur Tol Palembang-Pelabuhan Tanjung Api-Api merupakan bagian dari proyek jalur tol di Sumaterasepanjang434kmyang menghubungkan Merak-Bakauheni- Bandar Lampung-Palembang- Tanjung Api-Api. Proyek tersebut membutuhkan anggaran sedikitnya Rp53 triliun.

Ichsan amin
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)