Jokowi Akui Pertumbuhan Ekonomi Mentok

Rabu, 05 Agustus 2015 - 22:30 WIB
Jokowi Akui Pertumbuhan Ekonomi Mentok
Jokowi Akui Pertumbuhan Ekonomi Mentok
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester I/2015 sudah mentok di kisaran 4,7%. Dia berdalih hal tersebut sudah diperkirakan pemerintah sebelumnya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2015 hanya tumbuh 4,67% (year on year), atau turun 0,05% dibanding kuartal sebelumnya di angka 4,72%. (Baca: Ekonomi RI Kuartal II Hanya Tumbuh 4,67%)

"‎Gini jadi seperti yang sudah kita perkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi di semester I kira-kira 4,7%. Ini harapannya mentok," tukasnya di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/8/2015).

Dia mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia baru akan merangkak naik pada semester II/2015. Hal ini berhubungan dengan serapan anggaran baik di level pemerintah pusat atau daerah yang baru mulai bergerak pada Juni atau Juli.

"‎Saya kan pernah di kota, di provinsi pernah. Bergeraknya biasanya baru di bulan Juni atau Juli. Mulai agak meroket September, Oktober. Nah, pas November itu bisa begini (meningkat pesat)," imbuhnya.

Menurut Jokowi, cara-cara seperti itu yang memang seharusnya diubah. Sehingga antara Januari hingga Juni sudah ada uang yang beredar di masyarakat, untuk memutar roda perekonomian. "Nah, cara-cara seperti itu yang harus diubah," imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, kondisi perekonomian global yang tengah terpuruk juga turut memengaruhi kondisi perekonomian Indonesia. "Dan, semua negara memang kondisinya mirip-mirip," tandasnya.

Baca juga:

Terlalu Tergantung APBN, Ekonomi Indonesia Ringkih

Sektor Perdagangan Melemah, Ekonomi Ambruk

Ekonom: Ekonomi RI 4,67% Terendah Sejak 2009
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9007 seconds (0.1#10.140)