BI Pede Ekonomi RI Membaik Semester II

Kamis, 06 Agustus 2015 - 13:20 WIB
BI Pede Ekonomi RI Membaik Semester II
BI Pede Ekonomi RI Membaik Semester II
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan perekonomian akan mulai meningkat pada kuartal III dan berlanjut pada kuartal IV/2015 atau semester II/2015.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengungkapkan, peningkatan tersebut didukung akselerasi belanja pemerintah seiring realisasi proyek-proyek infrastruktur yang semakin meningkat.

"Hal itu sejalan dengan berbagai upaya khusus yang dilakukan pemerintah untuk mendorong percepatan realisasi belanja modal, termasuk menyiapkan perangkat aturan yang diperlukan," katanya seperti dilansir dalam laman BI, di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Sementara, konsumsi juga diperkirakan membaik, seiring ekspektasi pendapatan yang meningkat dan penyelenggaraan Pilkada serentak di kuartal IV/2015. Selain itu, pelonggaran kebijakan makroprudensial juga diperkirakan akan mulai memberikan dampak terhadap aktivitas ekonomi semester II/2015.

Dia menegaskan, pihaknya akan terus memonitor berbagai perkembangan baik domestik maupun eksternal, sekaligus memperkuat koordinasi dengan pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi.

"Dengan stabilitas makroekonomi yang terjaga, perekonomian Indonesia akan dapat tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi secara berkesinambungan‎," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2150 seconds (0.1#10.140)